Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Fisika Berbasis Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa di Kelas X SMA N 9 Yogyakarta

Basuki, Fabrika Rahmat (2013) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Fisika Berbasis Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa di Kelas X SMA N 9 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fabrika-rahmat-basuki-11708251033.swf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan SSP fisika berbasis model guided inquiry yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika, 2) mengetahui pengaruh penerapan SSP fisika berbasis model guided inquiry terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa di kelas X SMA N 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan research and development yang menggunakan model pengembangan 4D. Tahap penelitian ini meliputi define, design, dan develop. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang ahli (materi dan media), dua orang guru fisika, satu orang teman sejawat, dan siswa SMA N 9 Yogyakarta yang terdiri dari enam siswa untuk uji terbatas serta 61 siswa (eksperimen dan kontrol) untuk uji coba lebih luas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket respon siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran, tes keterampilan proses sains (pretest dan posttest), lembar observasi keterampilan proses dan angket sikap ilmiah. Data hasil validasi dan respon siswa dianalisis secara deskriptif. Data keterampilan proses sains dan sikap ilmiah dianalisis dengan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) SSP yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKS, dan lembar penilaian keterampilan proses serta sikap ilmiah. SSP fisika berbasis model guided inquiry berdasarkan hasil penilaian ahli, guru fisika, teman sejawat, dan hasil uji coba lapangan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran fisika; 2) penerapan SSP fisika berbasis model guided inquiry berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa di kelas X SMA N 9 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP, keterampilan proses sains, sikap ilmiah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:22
Last Modified: 06 Apr 2016 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30706

Actions (login required)

View Item View Item