Studi Capaian Pembelajaran KKNI Level Tujuh Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Basic Science Pendidikan Biologi FMIPA UNY

Christianti, F. Yudha (2013) Studi Capaian Pembelajaran KKNI Level Tujuh Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Basic Science Pendidikan Biologi FMIPA UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-f-yudha-christianti-11708251039.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesiapan input program PPG Basic Science dilihat dari kemampuan akademik awal mahasiswa, motivasi awal mahasiswa, kurikulum, dan sarana dan prasarana PPG Basic Science; (2) mendeskripsikan pola proses pelaksanaan PPG Basic Science dilihat dari matrikulasi, workshop SSP, dan PPL; dan (3) mendeskripsikan output PPG Basic Science dilihat dari ketercapaian capaian pembelajaran mahasiswa PPG Basic Science terhadap KKNI level tujuh. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dokumentasi, observasi, dan wawancara dan dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 16 mahasiswa, dan responden terdiri atas 14 guru pamong, delapan dosen pembimbing, dan 160 peserta didik di sekolah mitra PPL mahasiswa PPG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mahasiswa, kurikulum, dan sarana dan prasarana PPG Basic Science telah disiapkan dengan baik; (2) program matrikulasi PPG Basic Science FMIPA UNY dilaksanakan pada bulan Agustus–Desember 2011 dengan mata kuliah yang diajarkan yaitu 12 mata kuliah pendidikan sebanyak 22 sks dan 17 materi pendalaman Biologi SMA setara dengan 68 sks, workshop SSP dilaksanakan selama satu semester pertama, dilakukan dalam bentuk lokakarya dan menghasilkan produk berupa SSP kelas X, XI dan XII, dan kegiatan PPL dengan pola blok waktu dilaksanakan selama satu semester pada semester kedua dengan metode praktik terbimbing dan mandiri; dan (3) capaian pembelajaran mahasiswa telah mencapai KKNI level tujuh. Dengan demikian program PPG dapat diteruskan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: KKNI level tujuh, capaian pembelajaran, PPG Basic Science
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:42
Last Modified: 29 Jan 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30705

Actions (login required)

View Item View Item