Keefektifan Strategi Induktif dan Strategi Deduktif dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar IPA Siswa SMP

Maryanto, Al. (2013) Keefektifan Strategi Induktif dan Strategi Deduktif dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar IPA Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-al-maryanto-09708251022.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran menggunakan strategi induktif dan strategi deduktif dalam peningkatan prestasi belajar dan motivasi belajar IPA siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Sentolo, Kulon Progo tahun pelajaran 2010/2011. Sampel ditentukan dengan purposive sampling technique, yaitu 32 siswa di kelas dalam pembelajaran IPA menggunakan stategi induktif dan 32 siswa di kelas dengan strategi deduktif. Pengumpulan data dilakukan dengan posttest. Prestasi belajar IPA diukur dengan menggunakan soal pilihan ganda, motivasi belajar IPA diukur dengan menggunakan angket, dan observasi pada proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran IPA strategi deduktif dengan strategi induktif dalam meningkatkan prestasi belajar IPA, ditunjukkan pada keluaran Independent Samples Tes kolom t-test for Equality of Means, dengan skor sig. (2 tailed) sebesar 0,026 (2) tidak terdapat perbedaan antara pembelajaran IPA strategi deduktif dengan strategi induktif dalam meningkatkan motivasi belajar IPA ditunjukkan pada keluaran Independent Samples Tes kolom t-test for Equality of Means, dengan skor sig. (2 tailed) sebesar 0,153 (3) terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar IPA dan prestasi IPA dengan koefisien korelasi sebesar 0,736 (kuat).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, pembelajaran IPA, strategi induktif, strategi deduktif, prestasi belajar dan motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2016 09:50
Last Modified: 29 Jan 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30668

Actions (login required)

View Item View Item