Studi Komparasi Efektivitas Sekolah Dasar Standar Nasonal (SDSN) dan Sekolah Dasar Eks Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SD EKS RSBI) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Pramudita, Yennie Chavia (2016) Studi Komparasi Efektivitas Sekolah Dasar Standar Nasonal (SDSN) dan Sekolah Dasar Eks Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SD EKS RSBI) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yennie-chavia-pramudita-11712251031.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas sekolah SDSN dan Eks RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Populasi penelitian adalah guru SDSN dan SD eks RSBI di DIY dengan jumlah keseluruhan guru dan kepala sekolah SDSN di DIY adalah 746 orang dan SD Eks RSBI di DIY adalah 145 orang. Sampel dari SDSN 300 orang dan SD eks RSBI 145 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi. Skala yang digunakan adalah skala Likert yang dimodifikasi. Uji persyaratan analisis dalam penelitian ini meliputi uji normalitas dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan keefektifan SDSN dan SD eks RSBI di Propinsi DIY, dimana keefektifan SD eks RSBI lebih tinggi dibandingkan dengan SDSN; 2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan keefektifan SDSN dan SD eks RSBI di Kabupaten Sleman; 3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan keefektifan SDSN dan SD eks RSBI di Kabupaten Bantul; 4) tidak terdapat perbedaan yang signifikan keefektifan SDSN dan SD eks RSBI di Kabupaten Kulon Progo; 5) tidak terdapat perbedaan yang signifikan keefektifan SDSN dan SD eks RSBI di Kabupaten Gunung Kidul dan 6) terdapat perbedaan yang signifikan keefektifan SDSN dan SD eks RSBI di Kota Yogyakarta, dimana keefektifan SD eks RSBI lebih tinggi dibandingkan dengan SDSN.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efektivitas sekolah, SDSN, SD eks RSBI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2016 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30649

Actions (login required)

View Item View Item