Keefektifan Pendekatan Open-ended Menggunakan Pertanyaan-Pertanyaan Inovatif dan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika SMP Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif dan Afektif

Rahmawati ES., Yeni (2013) Keefektifan Pendekatan Open-ended Menggunakan Pertanyaan-Pertanyaan Inovatif dan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika SMP Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yeni-rahmawati-es-11709251031.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pendekatan open-ended menggunakan pertanyaan-pertanyaan inovatif dan pendekatan CTL dalam pembelajaran matematika SMP ditinjau dari hasil belajar kognitif; 2) keefektifan pendekatan open-ended menggunakan pertanyaan-pertanyaan inovatif dan pendekatan CTL dalam pembelajaran matematika SMP ditinjau dari hasil belajar afektif; dan 3) perbedaan keefektifan pendekatan open-ended menggunakan pertanyaan-pertanyaan inovatif dan pendekatan CTL dalam pembelajaran matematika SMP ditinjau dari hasil belajar kognitif dan afektif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung yaitu sebanyak 127 orang yang terbagi dalam lima kelas sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang ditentukan secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes prestasi belajar dan berpikir kreatif yang terdiri dari soal pretest dan posttest serta angket sikap dan minat belajar matematika dengan koefisien reliabilitas r = 0,707; 0,621; 0,783; 0,642; 0,875; 0,725; 0,896; 0,867. Standard Error of Measurement (SEM) pada masing-masing instrumen tes prestasi belajar dan berpikir kreatif yang terdiri dari soal pretest dan posttest serta angket sikap dan minat belajar matematika berturut-turut adalah 12,01; 11,054; 10,96; 9,00; 4,386; 5,926; 5,185; 5,645. Teknik analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis data inferensial meliputi: 1) one sample t-test yang digunakan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan open-ended menggunakan pertanyaan-pertanyaan inovatif dan pendekatan CTL pada masing-masing variabel; 2) analisis multivariat (MANOVA) yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keefektifan pendekatan open-ended menggunakan pertanyaan-pertanyaan inovatif dan pendekatan CTL secara simultan pada keempat variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan open-ended menggunakan pertanyaan-pertanyaan inovatif dan pendekatan CTL tidak efektif ditinjau dari hasil belajar kognitif; 2) pendekatan open-ended menggunakan pertanyaan-pertanyaan inovatif dan pendekatan CTL efektif ditinjau dari hasil belajar afektif; dan 3) tidak ada perbedaan keefektifan antara pendekatan open-ended menggunakan pertanyaan-pertanyaan inovatif dan pendekatan CTL ditinjau dari hasil belajar kognitif dan afektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: open-ended, pertanyaan-pertanyaan inovatif, contextual teaching and learning, prestasi belajar, berpikir kreatif, sikap belajar matematika, minat belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2016 06:23
Last Modified: 29 Jan 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30615

Actions (login required)

View Item View Item