Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa terhadap Matematika (Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP N 6 Yogyakarta)

Setiawan, Raden Heri (2013) Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa terhadap Matematika (Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP N 6 Yogyakarta). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-raden-heri-setiawan-10709251025.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan open-ended pada aspek kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika, 2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada aspek kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika, 3) membandingkan keefektifan antara pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual pada aspek kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Yogyakarta yang terdiri dari tujuh kelas. Dari populasi yang ada diambil dua kelas yaitu kelas VIIIE dan VIIIF sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel tersebut didasarkan pada kelas yang ada yang ditunjuk oleh guru dan kepala sekolah. Kelas VIIIE belajar dengan pendekatan open-ended dan kelas VIIIF belajar dengan pendekatan kontekstual. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan angket sikap siswa terhadap matematika. Untuk menguji keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual, digunakan analisis one-sample t-test. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling, dan uji t dengan kriteria Bonferroni untuk menentukan pendekatan pembelajaran manakah yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual efektif pada aspek kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika, 2) pendekatan open-ended lebih efektif dibandingkan pendekatan kontekstual pada aspek kemampuan pemecahan masalah, 3) pendekatan open-ended tidak lebih efektif dibandingkan pendekatan kontekstual pada aspek sikap siswa terhadap matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan open-ended, pendekatan kontekstual, kemampuan pemecahan masalah, sikap siswa terhadap matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2016 07:45
Last Modified: 29 Jan 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30589

Actions (login required)

View Item View Item