Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Model Problem Based Learning dengan Cooperative Learning tipe Team-Assisted Individualization (TAI) Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Negeri 4 dan 5 Kota Ternate

Angkotasan, Nurma (2013) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Model Problem Based Learning dengan Cooperative Learning tipe Team-Assisted Individualization (TAI) Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Negeri 4 dan 5 Kota Ternate. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurma-angkotasan-10709251013.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk rnendeskripsikan: 1) keefektifan, dan 2) perbandingan keefektifan pembelajaran matematika dengan model problem-based learning dan keefektifan model cooperative learning tipe TAI ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa SMA Negeri 4 dan 5 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, yang terdiri atas dua kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA di SMA N 4 dan 5 Kota Ternate. Dipilih secara acak satu kelas dari lima kelas pada masing-masing sekolah untuk dijadikan sampel penelitian. Kemudian dari dua kelas yang terpilih, ditentukan secara acak kelas yang diajar dengan model problem-based learning dan kelas yang diajar dengan model cooperative learning tipe TAI. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA1 SMA N 5 Kota Ternate sebagai kelas dengan model problem-based learning dan siswa kelas Xll IPA1 SMA 4 Kota Ternate sebagai kelas dengan model cooperative learning tipe TAI. Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri atas soal tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Untuk mengetahui kesamaan rerata vektor kelompok model problem based learning dan cooperative learning tipe TAI digunakan uji manova. Untuk mengetahui keefektifan model problem based learning dan cooperative learning tipe TAI pada kemampuan berpikir reflektif matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis digunakan uji one sample t-test. Selanjutnya dilakukan uji Mancova untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model problem-based learning dan model cooperative learning tipe TAI efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, 2) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara model problem-based learning dengan cooperative learning tipe TAI ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, cooperative learning tipe TAI, kemampuan berpikir reflektif matematis, kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 02 Apr 2016 07:34
Last Modified: 02 Apr 2016 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30588

Actions (login required)

View Item View Item