Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD-PS dengan Tipe Jigsaw-PS Ditinjau dari Motivasi Belajar, Kemampuan Interpersonal, dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta

Yusuf, Muhammad (2013) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD-PS dengan Tipe Jigsaw-PS Ditinjau dari Motivasi Belajar, Kemampuan Interpersonal, dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-yusuf-11709251002.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui problem solving (STAD-PS) ditinjau dari masing-masing motivasi belajar, kemampuan interpersonal, dan prestasi belajar, 2) keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw melalui problem solving (Jigsaw-PS) masing-masing ditinjau dari motivasi belajar, kemampuan interpersonal, dan prestasi belajar, dan 3) perbedaan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD-PS dibandingkan dengan tipe Jigsaw-PS ditinjau dari motivasi belajar, kemampuan interpersonal, dan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta yang terdiri dari tujuh kelas. Dari populasi yang ada diambil sampel secara acak dua kelas yaitu kelas XE dan kelas XF sebagai sampel penelitian. Kelas XE diberi perlakuan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD-PS dan kelas XF diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-PS. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi belajar dan angket kemampuan interpersonal dan tes prestasi belajar. Instrumen telah divalidasi oleh dua orang ahli dan telah dinyatakan valid. Estimasi reliabilitas menggunakan formula Alpha. Koefisien reliabilitas instrumen motivasi belajar adalah rxx = 0,886, instrumen kemampuan interpersonal adalah rxx = 0,882, dan instrumen tes prestasi belajar adalah rxx = 0,753. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD-PS dan tipe Jigsaw-PS pada masing-masing variabel motivasi belajar, variabel kemampuan interpersonal, dan variabel prestasi belajar, data dianalisis dengan menggunakan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD-PS dibandingkan dengan tipe Jigsaw-PS, data dianalisis secara multivariat menggunakan statistik uji two group MANOVA pada taraf signifikansi 5% dan dilanjutkan dengan independent samples t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran kooperatif tipe STAD-PS efektif ditinjau dari masing-masing motivasi belajar, kemampuan interpersonal, dan prestasi belajar, 2) pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-PS efektif ditinjau dari masing-masing motivasi belajar, kemampuan interpersonal, dan prestasi belajar dan 3) terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD-PS dan tipe Jigsaw-PS ditinjau dari motivasi belajar, kemampuan interpersonal, dan prestasi belajar. Pembelajaran kooperatif tipe STAD-PS sama unggul dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-PS ditinjau dari motivasi belajar dan prestasi belajar, sedangkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-PS lebih unggul dibandingkan dengan tipe STAD-PS ditinjau dari kemampuan interpersonal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: STAD-PS, Jigsaw-PS, motivasi belajar, kemampuan interpersonal, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2016 06:40
Last Modified: 29 Jan 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30587

Actions (login required)

View Item View Item