Pengaruh Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-efficacy Siswa SMA pada Pokok Bahasan Limit dan Turunan Fungsi

Sukoco, Heru (2013) Pengaruh Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-efficacy Siswa SMA pada Pokok Bahasan Limit dan Turunan Fungsi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-heru-sukoco-11709251019.swf

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran dengan pendekatan Brain-Based Learning (BBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis (KKMAT) dan self-efficacy (SE) siswa. Secara terperinci, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan BBL ditinjau dari KKMAT dan SE siswa, (2) mendeskripsikan keunggulan pembelajaran dengan pendekatan BBL dibandingkan pembelajaran secara konvensional ditinjau dari KKMAT dan SE siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan desain grup kontrol tidak secara random dengan pemberian tes awal dan tes akhir. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Jetis D. I. Yogyakarta pada semester kedua tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari tiga kelas. Dua kelas dipilih sebagai sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas sampel tidak dibentuk dengan cara menempatkan secara acak subjek-subjek penelitian ke dalam kelas sampel tersebut, melainkan menggunakan kelas-kelas yang ada. Kelas XI IPA 1 diberi perlakuan menggunakan pendekatan BBL, dan kelas XI IPA 2 diberi perlakuan secara konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes KKMAT dan skala SE. Data penelitian dianalisis menggunakan uji t dan uji multivariat (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan BBL efektif ditinjau dari KKMAT dan SE siswa. Selain itu, pembelajaran dengan pendekatan BBL lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional ditinjau dari KKMAT dan SE siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan BBL berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Brain-Based Learning, kemampuan komunikasi matematis, self-efficacy
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2016 04:42
Last Modified: 29 Jan 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30581

Actions (login required)

View Item View Item