Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 4 Banguntapan Bantul

Nugraheni, Esti Ambar (2013) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 4 Banguntapan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-esti-ambar-nugraheni-10709251032.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah: 1) pendekatan PMRI berpengaruh terhadap aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa; 2) pendekatan PMRI lebih baik dibandingkan direct instruction ditinjau dari aktivitas siswa; dan 3) pendekatan PMRI lebih baik dibandingkan direct instruction ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Banguntapan Bantul pada pembelajaran garis dan sudut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Banguntapan Bantul tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari empat kelas. Dari empat kelas diambil dua kelas secara acak. Kelas VII B diberi perlakuan dengan pendekatan pembelajaran PMRI, sedangkan kelas VII A diberi perlakuan dengan direct instruction. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket untuk mengukur aktivitas siswa dan tes uraian (pretest dan posttest) untuk mengukur pemahaman konsep matematika siswa. Koefisien reliabilitas angket, pretest, dan posttest secara berturut-turut adalah 0,928, 0,756, dan 0,702. Uji normalitas data menggunakan jarak Mahalanobis dan uji homogenitas menggunakan Box’s M test (α = 0,05). Uji F dengan rumus T2 Hotteling (α = 0,05) dilakukan untuk mengetahui beda rata-rata kedua kelas secara multivariat. Uji t dengan kriteria Bonferroni (α = 0,05) dilakukan untuk mengetahui variabel terikat mana yang membuat kedua kelas tersebut berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: : 1) pendekatan PMRI berpengaruh terhadap aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa; 2) pendekatan PMRI lebih baik dibandingkan direct instruction ditinjau dari aktivitas siswa; dan 3) pendekatan PMRI lebih baik dibandingkan direct instruction ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Banguntapan Bantul pada pembelajaran garis dan sudut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PMRI, direct instruction, aktivitas siswa, pemahaman konsep matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2016 04:04
Last Modified: 29 Jan 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30580

Actions (login required)

View Item View Item