Rifa’i, Anwar and Lestari, Himmawati Puji (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN SPONTANEUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X MIA DI MAN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (105kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiefektivitas model pembelajarankooperatiftipeThink Pair Share (TPS)danSpontaneous Group Discussion (SGD)denganpendekatansaintifikditinjaudarikemampuanpemecahanmasalahdankepercayaandirisiswa. Penelitaininimenggunakanmetodequasi experimentdengandesainpretest-posttest nonequivalent group design.Populasipenelitianmencakupseluruhsiswakelas X MIA di MAN 1 Yogyakartasebanyak 101siswa. Sampel yang mendapatkanperlakuanpembelajaran TPS denganpendekatansaintifikadalahsiswakelas X MIA 3 sebanyak 34 siswasebagaikelaseksperimenpertamadansiswakelas X MIA 2 sebanyak 33 siswasebagaikelaseksperimenkeduamendapatkanperlakuanpembelajaran SGD denganpendekatansaintifik. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahinstrumentesuntukmengukurkemampuanpemecahanmasalah yang terdiridarisoalpretest danposttestdaninstrumennontes yang berupaskalakepercayaandiriawaldanskalakepercayaandiriakhirsertalembarobservasiuntukmengamatiketerlaksanaanpembelajaran yang digunakanpeneliti. Hasilpenelitianinidengantarafsignifikasi α=0,05 menunjukkanbahwa : (1) pembelajaranmenggunakan model kooperatifThink Pair Share (TPS)denganpendekatansaintifikefektifditinjaudarikemampuanpemecahanmasalahsiswa, (2) pembelajaranmenggunakan model kooperatifThink Pair Share (TPS)denganpendekatansaintifikefektifditinjaudarikepercayaandirisiswa, (3) pembelajaranmenggunakan model kooperatifSpontaneous Group Discussion (SGD)denganpendekatansaintifikefektifditinjaudarikemampuanpemecahanmasalahsiswa, (4) pembelajaranmenggunakan model kooperatifSpontaneous Group Discussion (SGD)deganpendekatansaintifikefektifditinjaudarikepercayaandirisiswa, (5) pembelajaranmenggunakan model kooperatiftipeThink Pair Share (TPS)denganpendekatansaintifiklebihefektifdaripadapembelajaranmenggunakan model kooperatiftipeSpontaneous Group Discussion (SGD)denganpendekatansaintifikditinjaudarikemampuanpemecahanmasalah, (6) pembelajaranmenggunakan model kooperatiftipeThink Pair Share (TPS)denganpendekatansaintifiksamaefektifnyadenganpembelajaranmenggunakan model kooperatiftipeSpontaneous Group Discussion (SGD) denganpendekatansaintifikditinjaudarikepercayaandirisiswa. Kata kunci :pendekatansaintifik, TPS, SGD, pemecahanmasalah, kepercayaandiri
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 05 Apr 2016 07:05 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |