EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN SPONTANEUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X MIA DI MAN 1 YOGYAKARTA

Rifa’i, Anwar and Lestari, Himmawati Puji (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN SPONTANEUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X MIA DI MAN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiefektivitas model pembelajarankooperatiftipeThink Pair Share (TPS)danSpontaneous Group Discussion (SGD)denganpendekatansaintifikditinjaudarikemampuanpemecahanmasalahdankepercayaandirisiswa. Penelitaininimenggunakanmetodequasi experimentdengandesainpretest-posttest nonequivalent group design.Populasipenelitianmencakupseluruhsiswakelas X MIA di MAN 1 Yogyakartasebanyak 101siswa. Sampel yang mendapatkanperlakuanpembelajaran TPS denganpendekatansaintifikadalahsiswakelas X MIA 3 sebanyak 34 siswasebagaikelaseksperimenpertamadansiswakelas X MIA 2 sebanyak 33 siswasebagaikelaseksperimenkeduamendapatkanperlakuanpembelajaran SGD denganpendekatansaintifik. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahinstrumentesuntukmengukurkemampuanpemecahanmasalah yang terdiridarisoalpretest danposttestdaninstrumennontes yang berupaskalakepercayaandiriawaldanskalakepercayaandiriakhirsertalembarobservasiuntukmengamatiketerlaksanaanpembelajaran yang digunakanpeneliti. Hasilpenelitianinidengantarafsignifikasi α=0,05 menunjukkanbahwa : (1) pembelajaranmenggunakan model kooperatifThink Pair Share (TPS)denganpendekatansaintifikefektifditinjaudarikemampuanpemecahanmasalahsiswa, (2) pembelajaranmenggunakan model kooperatifThink Pair Share (TPS)denganpendekatansaintifikefektifditinjaudarikepercayaandirisiswa, (3) pembelajaranmenggunakan model kooperatifSpontaneous Group Discussion (SGD)denganpendekatansaintifikefektifditinjaudarikemampuanpemecahanmasalahsiswa, (4) pembelajaranmenggunakan model kooperatifSpontaneous Group Discussion (SGD)deganpendekatansaintifikefektifditinjaudarikepercayaandirisiswa, (5) pembelajaranmenggunakan model kooperatiftipeThink Pair Share (TPS)denganpendekatansaintifiklebihefektifdaripadapembelajaranmenggunakan model kooperatiftipeSpontaneous Group Discussion (SGD)denganpendekatansaintifikditinjaudarikemampuanpemecahanmasalah, (6) pembelajaranmenggunakan model kooperatiftipeThink Pair Share (TPS)denganpendekatansaintifiksamaefektifnyadenganpembelajaranmenggunakan model kooperatiftipeSpontaneous Group Discussion (SGD) denganpendekatansaintifikditinjaudarikepercayaandirisiswa. Kata kunci :pendekatansaintifik, TPS, SGD, pemecahanmasalah, kepercayaandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 05 Apr 2016 07:05
Last Modified: 30 Jan 2019 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30525

Actions (login required)

View Item View Item