KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN DI SMA TARUNA NUSANTARA

Lina Dessy, Suryaningrum (2016) KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN DI SMA TARUNA NUSANTARA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Lina Dessy Suryaningrum_11203241019.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Bahasa Jerman di SMA Taruna Nusantara dan komponen-komponen pembelajaran yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data diperoleh dari observasi kelas, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket terbuka yang disebarkan kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kurikulum yang digunakan: KTSP 2006, Kurikulum 2013, dan Kurikulum khusus. (2) tujuan pembelajaran: memperkenalkan bahasa Jerman kepada peserta didik (3) peserta didik menunjukkan minat dan ketertarikan, serta berpartisipasi aktif (4) pengajaran bahasa Jerman diajarkan berdasarkan keterampilan berbahasa dan pemahaman gramatik. (5) materi pembelajaran diambil dari buku Studio d A1- B1, internet, dan CD pembelajaran. (6) penyampaian materi menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. (7) media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman adalah Lapotop, LCP Proyektor, dan kartu bergambar. (8) bentuk penilaian yang digunakan adalah penilaian hasil dan penilaian proses. (9) hambatan pembelajaran adalah kurangnya jam pelajaran, yaitu hanya 1x45 menit dalam 1 minggu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: karakteristik, pembelajaran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:48
Last Modified: 30 Jan 2019 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30508

Actions (login required)

View Item View Item