Peran Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 3 Jetis Bantul Yogyakarta

Wiyatno, Wiyatno (2013) Peran Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 3 Jetis Bantul Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wiyatno-11703251002.swf

Download (5MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan: (1) Mengetahui peran kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan yang berkembang di SMP negeri 3 Jetis Bantul Yogyakara, (2) Mendeskripsikan peran Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam pengembangan sekolah sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan, dan (3) Mengetahui pengaruh peran kompetensi kewirausahaan kepala sekolah terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan. Jenis penelitian adalah deskriprif kualitatif. Responden penelitian: meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, dan pengurus komite sekolah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini: (1) wawancara mendalam, (2) pengamatan, dan (3) dokumentasi melalui pencermatan dokumen. Untuk mencari kredibilitas data digunakan cara (1) memperpanjang waktu penelitian, (2) triangulasi, dan (3) klarifikasi hasil penelitian kepada subjek penelitian. Analisis data dengan cara (1) mereduksi data, (2) menampilkan data, dan (3) memverifikasi untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Peran Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah cukup berhasil, untuk bidang akademik diantaranya ditandai dengan meningkatnya perolehan ujian nasional, jumlah siswa drop out menurun, siswa tinggal kelas rendah. Untuk bidang non akademik diantaranya ditandai dengan prestasi sebagai juara dalam keikutsertaan berbagai lomba keagamaan, olahraga, kesenian, baik di tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten. Dilihat dari kepuasan warga sekolah, meningkatnya kerja sama dengan pihak mana pun, terciptanya suasana kerja yang sehat, nyaman, dan menggembirakan. suasana kerja yang sehat, nyaman, dan menggembirakan, dan iklim kerja baik. Sisi lain kompetensi kewirausahaan kepala sekolah belum menerapkan program penghargaan dan hukuman. (2) Peran Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah cukup berhasil dapat dilihat dari sisi meningkatnya sarana prasarana sekolah, baik kualitas dan kuantitasnya seperti: ruang kerja kepala sekolah, ruang guru, dan tata usaha, ruang kelas, ruang laboratorium, dan lainnya. (3) Peran Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah keberhasilannya dicapai melalui penciptaan : (a) iklim kerja kondusif, (b) budaya keteladanan, (c) motivasi kerja, (d) kepemimpinan partisipatif, keterbukaan, akuntabilitas, dan (e) supervisi klinis. (4). kompetensi kewirausahaan diwujudkan dengan menerapkan jiwa/sifat, prinsip-prinsip kewirausahaan, yakni : (a) inovatif/kreatif, (b) disiplin, (c) kerja keras, (d) pantang menyerah, dan (e).pemanfaatan berbagai peluang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kewirausahaan, kompetensi, kepala sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:09
Last Modified: 29 Jan 2019 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30503

Actions (login required)

View Item View Item