Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru IPA (Sains) SMP Negeri Se-Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman

Handayani, M. B. Wahyu Rejeki (2013) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru IPA (Sains) SMP Negeri Se-Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-m-b-wahyu-rejeki-handayani-07703259022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan guru IPA (sains) SMP yang terungkap dari uji kompetensi bagi guru IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan guru IPA (sains ) dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didik dan kemampuan mengelola kelas guna mendapatkan hasil belajar yang optimal di SMP Negeri se Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber informasi yaitu guru SMP Negeri se-Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, terdiri atas SMP Negeri 1, 2, 3, dan 4 Ngaglik yang khususnya guru bidang studi IPA (sains). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui tahapan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru IPA (sains ) SMP Negeri se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didik dan kemampuan mengelola kelas guna mendapatkan hasil belajar yang optimal yaitu: 1) keterampilan guru IPA dalam mengelola kelas terutama dalam menjalin komunikasi dengan pesertadidik, 2) kemampuan guru IPA dalam membuat perencanaan dan persiapan mengajar, 3) penguasaan guru terhadap materi pelajaran IPA yang diperlihatkan dengan bacaan guru terbatas, 4) penguasaan metode dan strategi guru IPA dalam mengajar, 5) motivasi guru IPA dalam mengajar terutama berkait dengan komitmen guru untuk meningkatkan prestasi pesertadidik, 6) pengetahuan yang dimiliki guru IPA tentang kompetensi pesertadidik yang harus dicapai, 7) keterampilan guru IPA dalam mengajar, 8) keterampilan guru IPA dalam melakukan penilaian dan evaluasi guna mengontrol jalannya pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru IPA (Sains) SMP
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:29
Last Modified: 02 Jan 2023 04:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30470

Actions (login required)

View Item View Item