HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN TEORI MUSIK DENGAN TEKNIK BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA

Falwi, Setpa Annisaa (2016) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN TEORI MUSIK DENGAN TEKNIK BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (34MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan antara pemahaman teori musik dengan teknik bermain dalam pembelajaran ansambel musik di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Ansambel music merupakan minat seni yang banyak peminatnya, terutama pada siswa yang memang memiliki kesenangan terhadap musik. Pelajaran seni musik di SMA Negeri 1 Yogyakarta mencakup pelajaran teori dan praktek. Pembelajaran teori musik di SMA Negeri 1 Yogyakarta diberikan kepada siswa saat siswa duduk di kelas X, sedangkan praktek bermain music dilakukan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 150 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 50 orang. Data dikumpulkan dengan tes untuk memperoleh data nilai siswa. Uji validitas dengan korelasi product moment dan reliabilitas dengan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaterdapat hubungan antara pemahaman teori musik dengan teknik bermain dalam pembelajaran ansambel musik di SMA Negeri 1 Yogyakarta, hal ini dibuktikan dari nilai r hitunglebih besar dari r tabel (0,627>0,279) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05).Hasil analisis data juga menunjukkan nilai R2 sebesar 0,393. Nilai tersebut memiliki arti bahwa 39,3% perubahan pada variabel teknik bermain dalam pembelajaran ansambel musik dapat diterangkan oleh pemahaman teori musik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:22
Last Modified: 30 Jan 2019 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30467

Actions (login required)

View Item View Item