Implementasi Kompetensi Profesional Kepala Sekolah SMPN 18 Purworejo dan SMPN 35 Purworejo

Nurhamid, Hidayat (2013) Implementasi Kompetensi Profesional Kepala Sekolah SMPN 18 Purworejo dan SMPN 35 Purworejo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hidayat-nurhamid-10703254020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran kompetensi kepala sekolah dalam membangun budaya kerja guru dan karyawan, 2) gambaran kompetensi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa, guru, dan sekolah, dan 3) adanya gambaran kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMPN 18 Purworejo dan SMPN 35 Purworejo. Penelitian evaluasi program ini menggunakan model Provus’s Discrepancy Model. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 18 Purworejo dan SMPN 35 Purworejo, Jawa Tengah. Subyek penelitian meliputi: guru, karyawan, wakil kepala sekolah, dan komite sekolah. Obyek penelitian ini berkenaan dengan dimensi kompetensi kepala sekolah (kepribadian, sosial, manajerial, kewirausahaan, dan supervisi); prestasi (peserta didik, guru, dan sekolah); serta indikator-indikator kepemimpinan transformasional. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Keabsahan data dengan triangulasi data yang bersumber dari: kepala Dinas PDK, pengawas Dabin dan ketua MKKS. Teknik analisis data meliputi meliputi 4 tahap, yaitu: 1) transkripsi, 2) pengorganisasian data, 3) pengenalan, dan 4) koding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kompetensi profesional kepala sekolah adalah sebagai berikut: 1) kompetensi profesional kepala sekolah SMPN 18 Purworejo diindikasikan dalam katagori sangat baik, sedangkan kompetensi profesional kepala sekolah SMPN 35 Purworejo diindikasikan dalam katagori baik. 2) Prestasi: (1) prestasi peserta didik di SMPN 18 Purworejo diindikasikan sangat baik, sedangkan prestasi peserta didik di SMPN 35 Purworejo diindikasikan baik; (2) prestasi guru/TU di SMPN 18 Purworejo diindikasikan sangat baik dan prestasi Guru/TU di SMPN 35 Purworejo diindikasikan kurang; dan (3) prestasi sekolah di SMPN 18 Purworejo dan SMPN 35 Purworejo diindikasikan baik. 3) Indidator-indikator kepemimpinan transformasional yang tampak, antara lain: jujur, terbuka, mengutamakan mutu, kekeluargaan/informal, konsisten, mengembangkan diri, pelayanan prima, bekerjasama, disiplin, transaran, melaksanakan supervisi, keteladanan, mampu menggunakan IT, berperan aktif, peka, professional, memberi bantuan, bertanggungjawab, percaya diri, emosi stabil, dan tidak ragu-ragu. Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa: 1) Upaya kepala SMPN 18 Purworejo dalam membangun budaya bersifat intrinsik dan kepala SMPN 35 Purworejo bersifat ekstrinsik; 2) Upaya yang dilakukan kepala SMPN 18 Purworejo dalam mengelola sekolah untuk meningkatkan prestasi siswa, guru, dan sekolah lebih baik dibandingkan upaya yang dilakukan kepala SMPN 35 Purworejo; 3) Upaya kewirausahaan keduanya sangat baik; dan 4) supervisi yang digunakan lebih bersifat klinis; dan 5) adanya indikator kepemimpinan transformasional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, profesional, kepala sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:06
Last Modified: 03 Jan 2023 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30465

Actions (login required)

View Item View Item