Keefektifan Peran Komite Sekolah Dasar Negeri 1 Banjarmangu dan Sekolah Dasar Negeri 3 Kesenet Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara

Sukmayoga, Dhuta (2013) Keefektifan Peran Komite Sekolah Dasar Negeri 1 Banjarmangu dan Sekolah Dasar Negeri 3 Kesenet Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dhuta-sukmayoga-10703251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan dan hambatan dalam pelaksanaan peran Komite Sekolah sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan pengawas dan badan penghubung di sekolah dasar negeri di Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan campuran kualitatif dan kuantitatif. Lokasi penelitian adalah dua sekolah dasar negeri di Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara yaitu SDN 1 Banjarmangu dan SDN 3 Kesenet. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, dan pengurus Komite Sekolah yang didalamnya termasuk guru dari kedua sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan datamenggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kefektifan peran Komite Sekolah SDN 1 Banjarmangu sebagai badan pertimbangan dah badan pengawas termasuk dalam kategori cukup efektif. Peran Komite Sekolah SDN 1 Banjarmangu sebagai badan pendukung dan badan penghubung termasuk dalam kategori efektif. Peran Komite Sekolah SDN 3 Kesenet sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan pengawas dan badan penghubung termasuk dalam kategori cukup efektif. Secara umum, peran Komite Sekolah SDN di Kecamatan Banjarmangu cukup efektif. Komite Sekolah di daerah perkotaan lebih efektif daripada Komite Sekolah di daerah pedesaan. Kendala Komite Sekolah SDN di Kecamatan Banjarmangu dalam menjalankan perannya adalah rendahnya kompetensi pengurus, kesadaran dan motivasi pengurus, dan kurangnya dana operasional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komite sekolah, peran komite sekolah, keefektifan peran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2016 06:43
Last Modified: 04 Jan 2023 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30462

Actions (login required)

View Item View Item