Integrasi Pendidikan Akhlak Mulia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta

Rahmiati, Rahmiati (2013) Integrasi Pendidikan Akhlak Mulia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmiati-10706259018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana integrasi pendidikan akhlak mulia dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi pendidikan akhlak mulia dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik, dengan subjek penelitian guru Bahasa Inggris dan siswa kelas VII dan VIII SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi non-partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data didapat dengan memperpanjang penelitian dan triangulasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik interaktif Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Integrasi pendidikan akhlak mulia pada perencanaan pembelajaran dilakukan dengan memahami capaian, kondisi, dan minat siswa dan menggunakannya sebagai pijakan dalam menentukan tujuan, materi, dan metode dalam rencana pembelajaran, menambahkan kegiatan berdoa dan membaca Alquran, dan berkomitmen untuk mengintegrasikan nilai-nilai religius dan nilai honesty, respect, responsibility, dan cleanliness dalam pembelajaran. (2) Integrasi pendidikan akhlak mulia pada pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan melaksanakan pembelajaran yang bertujuan pada penguasaan keterampilan berbahasa ditunjang pengetahuan gramatikal, memberikan input dari berbagai sumber yang bermuatan nilai-nilai dan menarik bagi siswa, melakukan aktivitas-aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi siswa mengembangkan keterampilan komunikatif, memberikan pengaturan yang memuat pendidikan akhlak mulia pada sarana fisik kelas, kegiatan pendahuluan, dan penutup pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran, melaksanakan peran guru sebagai inkulkator nilai, teladan dan pengembang keterampilan akademik dan sosial bagi siswa, dan menempatkan siswa sebagai pelaku pembelajaran dan pengawas perilaku siswa lain. (3) Integrasi pendidikan akhlak mulia pada evaluasi pembelajaran dilakukan dengan mengamati perkembangan akhlak mulia siswa dalam keseharian mereka di sekolah sebagai pijakan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dan memasukkannya menjadi salah satu komponen penilaian di akhir semester.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: integrasi, pendidikan akhlak mulia, pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2016 04:00
Last Modified: 29 Nov 2022 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30456

Actions (login required)

View Item View Item