Pengaruh Penguasaan Semantik, Minat Baca, dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Teknologi Yogyakarta

Russilawatie, Novia (2014) Pengaruh Penguasaan Semantik, Minat Baca, dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Teknologi Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-novia russilawatie-06706251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pada Prodi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Teknologi Yogyakarta terlihat fenomena bahwa mahasiswa yang menguasai semantik dengan baik memiliki kemampuan menulis yang relatif tinggi. Demikian juga dengan mahasiswa yang terlihat memiliki minat baca tinggi dan menunjukkan kecenderungan terhadap gaya belajar tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penguasaan semantik, minat baca, dan gaya belajar mahasiswa Sastra Inggris FIB UTY terhadap kemampuan menulis mahasiswa, dan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh secara parsial penguasaan semantik, minat baca, dan gaya belajar terhadap kemampuan menulis mahasiswa FIB UTY. Penelitian ini menggunakan desain ex-post facto. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Sastra Inggris FIB UTY dengan sampel sebanyak 106 mahasiswa yang berada pada semester 3, 5, dan 7 pada bulan September – Desember 2012. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pengamatan terhadap kemampuan menulis mahasiswa dilengkapi dengan pedoman skoring, tes penguasaan semantik, dan kuesioner untuk mendapatkan data minat baca dan gaya belajar. Sebelum digunakan, semua instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya. Variabel-variabel penelitian terdiri atas variabel terikat yaitu kemampuan menulis dan tiga variabel bebas yaitu penguasaan semantik, minta baca, dan gaya belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan Regresi Ganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan, terlebih dahulu diadakan uji asumsi sebagai persyaratan analisis: linearitas, normalitas, multikolinearitas, autokorelasi dan heteroskedatisitas. Hasil uji asumsi ini menunjukkan bahwa data terdistribusi normal, bersifat linear, tidak terjadi multikolinearitas, autokorelasi, maupun heteroskedatisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan semantik, minat baca, dan gaya belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan menulis mahasiswa Sastra Inggris FIB UTY. Dari hasil uji Regresi Ganda, diperoleh nilai F sebesar 52,268 dengan signifikansi < 0,05. Koefisien determinasi (adjusted R²) sebesar 0,594 menjelaskan bahwa 59,4% kemampuan menulis mahasiswa Sastra Inggris FIB UTY ditentukan oleh ketiga variabel tersebut, sedangkan sisanya (40,6%) ditentukan oleh variabel-variabel lainnya. Dari analisis parsial, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,280 dengan sig. 0,04 untuk Penguasaan Semantik, 0,377 dengan sig.< 0,05 untuk Minat Baca, dan 0,209 dengan sig. 0,033 untuk Gaya Belajar. Nilai-nilai koefisien korelasi tersebut menunjukkan bahwa Minat Baca memiliki pengaruh paling besar terhadap kemampuan menulis mahasiswa Sastra Inggris FIB UTY (karena memiliki koefisien korelasi paling besar diantara ketiga variabel bebas yang diuji).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penguasaan semantik, minat baca, gaya belajar, kemampuan menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2016 10:56
Last Modified: 22 Nov 2022 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30450

Actions (login required)

View Item View Item