Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Divisions (STAD) dalam Pembelajaran IPS Berwawasan Lingkungan untuk Mengembangkan Sikap Ramah Lingkungan di SD Sendangadi 1 Mlati Sleman Yogyakarta

Purwandari, Septiyati (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Divisions (STAD) dalam Pembelajaran IPS Berwawasan Lingkungan untuk Mengembangkan Sikap Ramah Lingkungan di SD Sendangadi 1 Mlati Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-septiyati-purwandari-10712251011.swf

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPS berwawasan lingkungan untuk mengembangkan sikap ramah lingkungan pada siswa SD Sendangadi 1 Mlati Sleman Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan pola nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Sendangadi I Kabupaten Sleman tahun ajaran 2011/2012. Data hasil penelitian diolah melalui program SPSS for windows yakni dengan uji Paired Sample t-test untuk memperoleh gambaran hasil penerapan metode STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SD Sendangadi I Semester I Tahun Ajaran 2011/2012 pada group eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPS pada group kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata postes setelah eksperimen sebesar 68.03 sedangkan pretes sebelum eksperimen diperoleh hasil rata-rata tes sebesar 63.91. Nilai signifikan equal variances assumed dari hasil belajar IPS siswa kelas V SD Sendangadi I kurang dari 0,05 yaitu 0.000, hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Team Achievement Division) dalam pembelajaran IPS Berwawasan Lingkungan untuk mengembangkan sikap ramah lingkungan pada siswa kelas V SD Sendangadi I Semester I Tahun Ajaran 2011/2012. Hasil belajar yang diperoleh tersebut merupakan variabel pengetahuan yang mendukung terbentuknya pemahaman mengenai bagaimana para siswa bersikap terhadap fenomena lingkungan hidup, dengan hasil belajar yang baik tersebut tentunya akan ikut mempengaruhi sikap ramah lingkungan pada siswa terhadap lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: IPS, wawasan lingkungan, sikap, lingkungan hidup
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2016 08:43
Last Modified: 29 Jan 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30434

Actions (login required)

View Item View Item