Pengembangan Buku Teks Tematik Tema Permainan Untuk Kelas III Sekolah Dasar Negeri Tridadi Sleman Yogyakarta

Barus, Yohannes Kurniawan (2013) Pengembangan Buku Teks Tematik Tema Permainan Untuk Kelas III Sekolah Dasar Negeri Tridadi Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yohannes-kurniawan-barus-11712251009.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku teks tematik tema permainan yang layak digunakan untuk siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Tridadi Sleman Yogyakarta, ditinjau dari aspek kelayakan isi, aspek penyajian, kebahasaan dan kegrafisan, dan untuk mengetahui respon siswa serta efektivitasnya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan 4-D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Dissemination. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Tridadi yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket validasi ahli materi dan media serta lembar penilaian guru dan soal tes hasil belajar. Data penelitian ini dikumpulkan melalui lembar validasi ahli dan tanggapan siswa terhadap produk yang dikembangkan serta soal tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Berdasarkan penilaian dari ahli materi dan media terhadap buku teks tematik tema permainan ditinjau dari aspek kelayakan isi berkategori “sangat baik”, aspek penyajian berkategori “sangat baik”, aspek kebahasaan berkategori “sangat baik”, dan aspek kegrafikan berkategori “sangat baik”. Berdasarkan penilaian dari guru aspek kelayakan isi berkategori “baik”, aspek penyajian “sangat baik”, aspek kebahasaan berkategori “baik”, dan aspek kegrafikan berkategori “baik”. 2) Respon siswa terhadap buku teks yang dikembangkan menunjukkan respons yang “baik”, 3) Efektivitas buku teks tematik yang dikembangkan termasuk dalam kategori “tinggi” hal ditunjukkan dari rerata skor gain seluruh siswa kelas III dalam uji coba terbatas dan diperluas sebesar 0,71. Hasil tersebut menunjukkan bahwa buku teks tematik tema permainan yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam proses pembelajaran tematik di kelas III sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku teks tematik, tema permainan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2016 05:04
Last Modified: 29 Jan 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30430

Actions (login required)

View Item View Item