Hubungan Mutu Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Status Ekonomi (SE) Guru dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Suralaga, Kab. Lombok Timur

Yazid, Muh. (2013) Hubungan Mutu Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Status Ekonomi (SE) Guru dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Suralaga, Kab. Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muh-yazid-11712251024.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu guru dengan kinerja guru, hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, hubungan status ekonomi (SE) guru dengan kinerja guru, dan hubungan bersama-sama antara mutu guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan SE guru dengan kinerja guru di kec. Suralaga, kab. Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional. Proses yang dilakukan tahap studi awal, menyusun laporan dan analisis data. Instrumen penelitian adalah angket yang terdiri dari angket kinerja guru, mutu guru, kepemimpinan kepala sekolah dan angket SE guru, yang kemudian dilakukan penilaian oleh ahli di bidangnya. Populasi dalam penelitian adalah 30 sekolah dasar dan 17 madrasah ibtidaiyah di kec. Suralaga, kab. Lombok Timur, dengan jumlah sampel sebanyak 22 sekolah SD dan MI yang terdiri diri dari kepala sekolah dan guru kelas. Analisis data menggunakan bantuan komputer program SPSS 16.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara mutu guru dengan kinerja guru, nilai koefesien r sebesar 0.446, koefesien r2 sebesar 0.199, besar sumbangan sebesar 19.9% dan p (signifikan) sebesar 0.000; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, nilai koefesien R sebesar 0.569, koefesien R2 sebesar 0.323, besar sumbangan 32.3% dan p (signifikan) sebesar 0.006; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara SE dengan kinerja guru, nilai koefesien r sebesar 0.214 sedangkan koefesien R2 sebesar 0.046; besar sumbangan 4.6% dan nilai p (signifikan) sebesar 0.014; (4) ada hubungan positif dan signifikan antara mutu guru, kepemimpinan kepala sekolah dan SE dengan kinerja guru, nilai korelasi R sebesar 0.769, koefesien r2 sebesar 0.59.1, besar sumbangan 59.1% dan nilai signifikan sebesar 0.001, persamaan regresi Y = 111.419 + 0.731x1 - 1. 157 x2 - 0.149 x3.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: mutu, kepemimpinan, SE, kinerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:06
Last Modified: 29 Jan 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30428

Actions (login required)

View Item View Item