Pengembanagan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Functional Text Bagi Siswa Kelas VII SMP N 3 Kalasan Yogyakarta

Niah, Siti (2014) Pengembanagan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Functional Text Bagi Siswa Kelas VII SMP N 3 Kalasan Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-niah-12707251004.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris materi functional text dengan pendekatan komunikatif yang layak bagi siswa kelas VII SMP N 3 Kalasan Yogyakarta, dan (2) mengetahui keefektifan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan komunikatif yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development, R&D) yang mencakup 3 (tiga) tahapan kegiatan, yaitu: Perencanaan, Desain, dan Pengembangan. Pada tahap Perencanaan, kegiatan yang dilakukan adalah mengidentifikasi karakteristik siswa, mengumpulkan sumber/bahan, menentukan standar kompetensi. Kegiatan pada tahap Desain adalah mengembangkan konsep awal, melakukan analisis konsep & tugas, membuat flowchart dan storyboard, menentukan software yang dipakai, dan melakukan revisi & evaluasi di setiap aspek. Sedangkan pada tahap Pengembangan kegiatan yang dilakukan adalah menyusun teks audio dan video, membuat produk, melakukan uji alpha dan revisi, melakukan uji beta dan revisi, menghasilkan produk akhir, dan melakukan uji sumatif atau uji efektivitas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Kalasan yang berjumlah 31 orang untuk uji beta dan uji efektivitas hasil produk pengembangan multimedia pembelajaran bahasa Inggris. Kelayakan produk divalidasi oleh seorang ahli materi dan seorang ahli media, serta oleh siswa/pengguna. Uji efektivitas dilakukan dengan memberikan soal pretes dan postes untuk melihat indikator keberhasilan siswa yang sesuai dengan Standar Ketuntasan Minimal (KKM). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan soal tes. Hasil penelitian ini adalah (1) Menghasilkan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan komunikatif bagi siswa kelas VII SMP yang dikemas dalam sebuah CD. Produk yang dihasilkan layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan siswa. Kelayakan produk dapat diperoleh berdasarkan hasil penilaian ahli materi dengan nilai 4.3 (sangat baik), ahli media dengan nilai 4.38 (sangat baik), dan siswa/uji beta dengan nilai 4.67 (sangat baik). (2) Produk multimedia pembelajaran bahasa Ingris ini efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi functional text. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis pretes dan postes. Peningkatan skor postes siswa setelah menggunakan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris sebesar 64.5% dengan nilai (N-gain) 0.74 dan ketuntasan belajar siswa (KKM) sebesar 93.5%. Sedangkan kelas sebelum menggunakan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris nilai (N-gain) siswa sebesar 0.33 dan ketuntasan belajar siswa (KKM) sebesar 29.03%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia bahasa Inggris, pendekatan komunikatif
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2016 04:52
Last Modified: 29 Jan 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30368

Actions (login required)

View Item View Item