HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DAN IKLIM BELAJAR DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA D3 JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FT UNY

Muhammad, Doni Kuncoro Mukti (2016) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DAN IKLIM BELAJAR DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA D3 JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FT UNY. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Muhammad Doni Kuncoro 06518241016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DAN IKLIM BELAJAR DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA D3 JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FT UNY Oleh : Muhammad Doni Kuncoro Mukti NIM. 06518241016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kecerdasan adversitas dan iklim belajar dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa D3 Jurusan Elektro FT UNY. Metode yang digunakan adalah metode expost facto.Terdapat dua buah variabel yaitu 1) variabel bebas berupa kecerdasan adversitas dan iklim belajar; 2) Variabel terikat yaitu perilaku prokrastinasi akademik.Pengumpulan data yang diperlukan menggunakan angket dengan skala Likert (1-5) serta menggunakan data interval. Teknik pengambilan jumlah sampel yang digunakan memakai accidental sampling. Sampel penelitian sejumlah 67 responden dari 177 populasi, yaitu mahasiswa D3 angkatan 2006-2010 di Jurusan Elektro FT UNY. Analisa data yang digunakan menggunakan Pearson Product Moment dan analisa regresiganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hubungan antara kecerdasan adversitas terhadap prokrastinasi akademik memang terdapat hubungan negatif namun tidak signifikan. Hal ini diperlihatkan dari uji data yang didapati skor korelasi negatif sebesar - 0,093 dengan nilai signifikansi sebesar 0,453 sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan negatif tidak signifikan antara Kecerdasan Adversitas dengan Prokrastinasi Akademik; 2) Berikutnya antara iklim belajar dengan prokrastinasi akademik juga demikian, terdapat korelasi negatif walaupun kecil. Hal tersebut dibuktikan dengan korelasi negatif sebesar – 0,086 dengan nilai taraf signifikansi sebesar 0,489, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan negatif namun tidak signifikan antara Iklim Belajar dengan Prokrastinasi Akademik; 3) Selanjutnya adalah melihat hubungan antara kecerdasan adversitas dan iklim akademik terhadap perilaku prokrastinasi akademik didapati hasil analisa regresi dilihat pada koefisien korelasi R sebesar 0.109 dengan nilai determinasi (R square) sebesar 0,012. Nilai determinasi tersebut dapat dikatakan bahwa besarnya kontribusi pengaruh Kecerdasan Adversitas dan Iklim belajar bersama-sama terhadap Prokrastinasi Akademik sebesar 1,2%. Kata kunci :kecerdasan adversitas, iklim belajar, prokrastinasi akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 16 Mar 2016 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30340

Actions (login required)

View Item View Item