Pengembangan LKS Berbasis Proses Sains untuk Meningkatkan Curiosity dan Hasil Belajar Siswa SMP

Nofianti, Farkhah (2014) Pengembangan LKS Berbasis Proses Sains untuk Meningkatkan Curiosity dan Hasil Belajar Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-farkhah-novianti-12708259021.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji kualitas LKS hasil pengembangan berdasarkan penilaian dosen ahli, guru IPA, dan teman sejawat untuk digunakan pada proses pembelajaran IPA; (2) mengetahui seberapa besar peningkatan curiosity siswa dengan menggunakan LKS berbasis proses sains; dan (3) mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS berbasis proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dengan tujuh langkah dari l0 langkah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang meliputi: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi terhadap produk awal LKS berbasis proses sains oleh dosen ahli dan review oleh guru IPA SMP dan teman sejawat. Validasi bertujuan untuk menentukan kualitas produk LKS berbasis proses sains secara teoretis. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banjarnegara. Uji Coba kelornpok kecil rnelibatkan 12 siswa sedangkan uji coba lapangan melibatkan 48 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi LKS, lembar observasi, lembar angket, jawaban LKS, dan tes (pretest dan posttest). Masukan hasil uji coba kelompok kecil digunakan untuk dasar perbaikan LKS pada uji coba berikutnya. Hasil penelitian.menunjukkan bahwa LKS berbasis proses sains ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, dan kegrafikan menurut ahli, guru IPA, dan teman sejawat secara keseluruhan dikategorikan “sangat baik”. Pembelajarari IPA dengan menggunakan LKS berbasis proses sains dapat meningkatkan curiosity dan hasil belajar siswa. Curiosity siswa yang belajar menggunakan LKS berbasis proses sains mengalami peningkatan sebesar l4% untuk hasil lembar angket, 28,13% untuk hasil lembar observasi, dan 24,19% untuk rnenjawab LKS. Hasil belajar siswa yang menggunakan LKS berbasis proses sains mengalami peningkatan sebesar 14,79%. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rerata pretest sebesar 71,04 dan posttest sebesar 85,83.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKS, proses sains, curiosity, IPA SMP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 03:25
Last Modified: 29 Jan 2019 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30327

Actions (login required)

View Item View Item