Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Ketercapaian Kompetensi Dasar pada Materi Turunan Fungsi, Rasa Ingin Tahu Siswa, dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muntilan Kabupaten Magelang

Widiastuti, Widiastuti (2014) Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Ketercapaian Kompetensi Dasar pada Materi Turunan Fungsi, Rasa Ingin Tahu Siswa, dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muntilan Kabupaten Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-widiastuti-12709251022.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu, dan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muntilan, dan (2) apakah metode pembelajaran inkuiri lebih unggul dari metode pembelajaran konvensional dalam hal ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu dan kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian mencakup siswa kelas XI IPA Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 4 kelas. Dari populasi yang ada, dipilih secara acak 2 kelas. Dari dua kelas yang terpilih kemudian ditentukan secara acak pula untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasilnya diperoleh kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen kelas XI IPA-3 sebagai kelas kontrol. Teknik nontes digunakan untuk mengetahui rasa ingin tahu siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat (MANOVA), kemudian dilanjutkan dengan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian menunjukkan hasil berikut: (1) ada pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu, dan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muntilan, dan (2) metode pembelajaran inkuiri lebih unggul daripada metode pembelajaran konvensional dalam hal ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu, dan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muntilan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran inkuiri, ketercapaian kompetensi dasar, rasa ingin tahu, kemampuan penalaran matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 02:00
Last Modified: 29 Jan 2019 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30320

Actions (login required)

View Item View Item