PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD SISWA KELAS 2 SD NEGERI SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA

Putri, Oktavia Triami (2016) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD SISWA KELAS 2 SD NEGERI SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Oktavia Triami Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui penggunaan media flashcard pada siswa kelas 2 SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta yang berjumlah 22 siswa. Penelitian berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes unjuk kerja, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media flashcard, dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas 2 SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta. Pada pratindakan, nilai rata-rata kelas sebesar 39,55 dengan nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 32,5 lalu mengalami peningkatan sebesar 13,35 pada siklus I menjadi sebesar 52,9. Sedangkan nilai dari siklus I juga mengalami peningkatan sebesar 20,83 pada siklus II menjadi sebesar 73,73 pada rentang skor 0-100. Siswa yang mendapatkan nilai ≥60 sudah mencapai 90%. Kata kunci: penguasaan kosakata, flashcard, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2016 05:45
Last Modified: 30 Jan 2019 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30311

Actions (login required)

View Item View Item