PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TEMA”BAHAYA ROKOK DALAM TUBUH” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTADIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 WONOSARI

Nur Hasanah, Siti (2016) PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TEMA”BAHAYA ROKOK DALAM TUBUH” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTADIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD IPA Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) tema “Bahaya Rokok dalam Tubuh” yang dikembangkan dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan respon peserta didik setelah menggunakan LKPD hasil pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang terdiri dari 4 tahap penelitian dan pengembangan, yaitu: 1) Define, meliputi: analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan pembelajaran; 2) Design, meliputi: penyusunan tes acuan kriteria, pemilihan media, pemilihan format, dan penyusunan rancangan awal; 3) Develop, meliputi: validasi LKPD oleh dosen ahli dan Guru IPA serta uji coba lapangan; dan 4) Disseminate, yaitu penyebaran produk akhir secara terbatas pada guru IPA di SMP N 2 Wonosari. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi lembar validasi LKPD, lembar uji keterbacaan LKPD, soal pretest dan postest, lembar observasi keterampilan berpikir kritis peserta didik, angket respon peserta didik terhadap LKPD, serta lembar keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kelayakan LKPD berdasarkan saran dan skor penilaian dari validator, keterbacaan LKPD berdasarkan saran dan skor uji keterbacaan dari peserta didik, gain score peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik, peningkatan persentase keterampilan berpikir kritis peserta didik tiap pertemuan, respon peserta didik terhadap LKPD berdasarkan saran dan skor penilaian angket respon, serta persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL. Kelayakan LKPD IPA hasil pengembangan berdasarkan penilaian dari validator termasuk dalam kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan LKPD meningkat dari kategori cukup menjadi baik, dan termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Selain itu, peserta didik juga memberikan respon yang sangat positif terhadap LKPD hasil pengembangan. Kata kunci: LKPD IPA, Contextual Teaching and Learning (CTL), keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 11 Mar 2016 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30240

Actions (login required)

View Item View Item