IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 2 SURAKARTA

Muhamad, Rizal Tanda Prasetia (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 2 SURAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Muh Rizal 10518241009.pdf

Download (75MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 2 SURAKARTA Oleh: Muhamad Rizal Tanda Prasetia NIM 10518241009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) pengembangan bahan ajar, (3) penerapan media pembelajaran, (4) pelaksanaan proses pembelajaran Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK N 2 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan. Objek penelitian meliputi pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pengembangan bahan ajar, penerapan media pembelajaran, dan pelaksanaan proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah guru Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X dan siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video SMK N 2 Surakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2014 di SMK N 2 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan Kompetensi Dasar yang dilaksanakan dalam 2-3 pertemuan, berdasarkan kuesioner guru pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran termasuk kategori baik, (2) bentuk bahan ajar yang dikembangkan adalah jobsheet dan handout, berdasarkan kuesioner guru pengembangan bahan ajar termasuk kategori sangat baik, (3) media yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah LCD proyektor dan media berbasis komputer, berdasarkan kuesioner guru penerapan media pembelajaran termasuk kategori baik, (4) berdasarkan kuesioner siswa pelaksanaan proses pembelajaran termasuk kategori baik. Kata

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Mar 2016 03:16
Last Modified: 30 Jan 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30230

Actions (login required)

View Item View Item