Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Tematik Integratif untuk Membangun Karakter Kejujuran dan Kepedulian Siswa Sekolah Dasar Kelas II Se-UPT PPD Kecamatan Kasihan

Qodriyah, Sri Hariyati (2014) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Tematik Integratif untuk Membangun Karakter Kejujuran dan Kepedulian Siswa Sekolah Dasar Kelas II Se-UPT PPD Kecamatan Kasihan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-hariyati-qodriyah-12712259017.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa SSP Tematik yang dapat mengembangkan karakter siswa kelas 2 sekolah dasar, meliputi karakter kejujuran dan kepedulian. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri dari tujuh tahap, yaitu studi pendahuluan, perencanaan, mengembangkan produk awal, uji coba awal, revisi produk utama, uji coba lapangan, dan revisi terhadap produk operasional. SSP yang dikembangkan dievaluasi oleh seorang ahli materi dan media untuk mengetahui validitasnya. Subjek uji coba berjumlah 90 siswa terdiri dari 23 siswa SD Sonosewu, Kasihan, Bantul, DIY sebagai subjek uji coba terbatas dan 33 siswa untuk kelas control dan 34 siswa untuk kelas eksperimen SD 1 Kadipiro, Kasihan, Bantul, DIY. Hasil penelitian ini berupa SSP yang meliputi: silabus, RPP, LKS, dan lembar penilaian. Hasil evaluasi dari ahli materi dan ahli media untuk menguji tingkat kevalidan SSP menyatakan bahwa SSP yang dikembangkan adalah valid dan berkategori “baik”. Hasil uji coba menunjukkan bahwa SSP yang dikembangkan dinyatakan layak serta memenuhi kriteria praktis dan efektif dalam mengembangkan karakter peserta didik. Pembelajaran dengan SSP yang dikembangkan mampu mengembangkan karakter kejujuran dan kepedulian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP, karakter jujur dan peduli
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2016 03:38
Last Modified: 29 Jan 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30229

Actions (login required)

View Item View Item