EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK 1 SEDAYU BANTUL

Mishadin, Mishadin (2016) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Mishadin 07518244014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK 1 SEDAYU BANTUL Oleh Mishadin NIM. 07518244014 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran elektronika, (2) perbedaan prestasi belajar siswa aspek kognitif antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan penggunaan media pembelajaran konvensional pada mata pelajaran elektronika, dan (3) perbedaan prestasi belajar siswa aspek psikomotor antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan penggunaan media pembelajaran konvensional pada mata pelajaran elektronika. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan bentuk desain Quasi Experiment yaitu Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI TITL SMK 1 Sedayu. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) penggunaan media pembelajaran berbasis komputer terbukti lebih efektif digunakan untuk pembelajaran elektronika yaitu dengan tercapainya prestasi belajar sesuai KKM yang ditetapkan, (2) terdapat perbedaan prestasi belajar aspek kognitif antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan penggunaan media pembelajaran konvensional dengan harga F untuk “kelompok” diperoleh 35,14, signifikansi 0,00<0,05, (3) terdapat perbedaan prestasi belajar aspek psikomotor antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan penggunaan media pembelajaran konvensional dengan harga F untuk “kelompok” diperoleh 66,54, signifikansi 0,00<0,05. Perbedaan perubahan hasil belajar juga menujukkan adanya perbedaan, dimana penggunaan media pembelajaran berbasis komputer hasil belajar aspek kognitif dan aspek psikomotor perubahan rata-rata hasil belajarnya lebih tinggi dari pada penggunaan media pembelajaran konvensional, yaitu untuk aspek kognitif 24 dan aspek psikomotor 27,95. Kata kunci: Media pembelajaran berbasis komputer, konvensional, dan prestasi belajar mata pelajaran elektronika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Mar 2016 02:37
Last Modified: 30 Jan 2019 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30220

Actions (login required)

View Item View Item