Mauluah, Luluk (2014) Pengembangan LKS Matematika yang Terintegrasi dengan Nilai-nilai Islam di MI Diponegoro Bantul. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-luluk-mauluah-08712251012.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai islam untuk kelas IV SD/MI yang baik dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) mengikuti model Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Diponegoro Bantul yang berjumlah 13 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan tes. Prosedur pengembangan meliputi: pengumpulan informasi, desain LKS awal, ujicoba awal, revisi produk, validasi ahli materi dan ahli media, kemudian revisi produk akhir. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa LKS matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai islam: (1)Memuat komponen-komponen: kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator. Selain itu ada aikon ide, mari bermain, mari berlatih, diskusikan bersama teman-teman dan latihan. (2).Dapat diintegrasikan pada 4 ranah: filosofi, materi, strategi dan metodologi. (3).Kompetensi dasar yang dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai islam secara langsung adalah kompetensi dasar 3.4, 3.7, 3.8, dan 3.11. (4).Kelayakan LKS matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai islam ditinjau dari penilaian ahli materi memenuhi kriteria sangat baik dan menurut penilaian ahli media memenuhi kriteria baik. (5).Efektifitas hanya tercapai menurut ketuntasan individu yaitu nilai rata-rata di atas 60, tercapai 62,5. Adapun secara klasikal tidak terpenuhi karena hanya mencapai 58,3 % dari 80 % yang ditargetkan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS, nilai-nilai Islam, matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2016 10:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30188 |
Actions (login required)
View Item |