Studi Ketercapaian Rumusan Learning Outcomes KKNI Level 6 Guru Kimia SMA/MA/SMK Lulusan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dan Kemampuannya dalam Menerapkan Inquiry Based Learning

Utami, Rian Nasihah Anggit (2015) Studi Ketercapaian Rumusan Learning Outcomes KKNI Level 6 Guru Kimia SMA/MA/SMK Lulusan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dan Kemampuannya dalam Menerapkan Inquiry Based Learning. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rian-nasihah-anggit-utami-12708251018.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (l) mengetahui kriteria ketercapaian rumusan learning outcomes KKNI level 6 guru kimia SMA/MA/SMK lulusan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan (2) mengetahui kemampuan guru kimia SMA/MA/SMK lulusan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam menerapkan inquiry based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 14 guru kimia lulusan tahun 2009-2013, 14 guru sejawat, 14 kepala sekolah, dan 28 siswa. Objek penelitian berupa tingkat ketercapaian rumusan learning outcomes KKNI level 6 guru kimia SMA/MA/SMK dan kemampuannya menerapkan inquiry based learning. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonrandom purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Validasi instrumen meliputi validitas konstruk dan validitas konten yang diperoleh melalui expert judgement. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif terhadap data yang diperoleh melalui lembar analisis dokumen, lembar analisis RPP, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan lembar observasi penilaian serta teknik analisis deskriptif kualitatif terhadap data yang diperoreh melalui lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kriteria ketercapaian rumusan learning outcomes KKNI level 6, meliputi: (a) mampu memanfaatkan TIK dalam pembelajaran kimia dengan kategori cukup; (b) mampu menggunakan peralatan laboratorium/kit pembelajaran kimia berkategori baik; (c) mampu menciptakan alat sederhana untuk kelancaran pembelajaran kimia dengan kategori cukup; (d) memiliki kompetensi profesional dengan kategori baik; (e) memiliki kompetensi pedagogis dengan kategori baik; (f) menguasai pengetahuan BK dalam pembelajaran kimia dengan kategori baik; (g) mampu menyusun perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran kimia serta mengembangkan diri dengan kategori baik; (h) memiliki kompetensi kepribadian dengan kategori baik; dan (i) memiliki kompetensi sosial dengan kategori baik; sedangkan (j) menguasai metode penelitian pendidikan dalam pembelajaran kimia belum tercapai karena berkategori kurang. (2) Kemampuan menerapkan inquiry based learning, meliputi: (a) merencanakan inquiry based learning berkategori baik dengan rerata skor aktual 150,86 dari rentang skor 122,40 < X ≤ 151,20; (b) melaksanakan inquiry based learning berkategori baik dengan rerata skor aktual 72,86 dari rentang skor 71,40 < X ≤ 88,20; (c) menilai inquiry based learning berkategori baik dengan rerata skor aktual 34,86 dari rentang skor 34,00 < X ≤ 42,00.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: learning outcomes KKNI Level 6, guru kimia, inquiry based learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2016 02:48
Last Modified: 29 Jan 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30120

Actions (login required)

View Item View Item