Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android pada Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA

Lubis, Isma Ramadhani (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android pada Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-isma-ramadhani-lubis-13708251033.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik media pembelajaran kimia berbasis android pada materi larutan penyangga dan hidrolisis, (2) mengetahui kelayakan dari media pembelajaran kimia berbasis android yang dikembangkan, dan (3) menentukan perbedaan yang signifikan dalam peningkatan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik antara pembelajaran dengan media pembelajaran kimia berbasis android dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi tiga bagian yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk awal, dan evaluasi/penilaian produk. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi, dua guru kimia dan dua peer reviewers. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta, dengan rincian: tiga siswa untuk uji coba perorangan, sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket motivasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran kimia berbasis android memiliki karakteristik yaitu visualisasi yang menarik, praktis dan fleksibel serta evaluasi soal yang variatif, (2) media pembelajaran kimia berbasis android yang telah dikembangkan dinilai layak digunakan dalam pembelajaran, ditinjau dari aspek penilaian materi, aspek penilaian media dan hasil uji coba peserta, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik antara pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran kimia berbasis android dan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran berbasis android, motivasi, prestasi kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Feb 2016 07:29
Last Modified: 29 Jan 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30116

Actions (login required)

View Item View Item