Keefektifan Pembelajaran Model Discovery Learning (DL) dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Penguasaan Metode Ilmiah dan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik MTs Negeri Tempel

Nurhamida, Bekti (2015) Keefektifan Pembelajaran Model Discovery Learning (DL) dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Penguasaan Metode Ilmiah dan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik MTs Negeri Tempel. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bekti-nurhamida-13708251018.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan model DL, (2) mengetahui peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan model PBL, serta (3) membandingkan keefektifan pembelajaran IPA menggunakan model PBL dan DL ditinjau dari penguasaan metode ilmiah dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas VII MTs Negeri Tempel, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik yang dipilih dengan teknik Cluster random sampling. Penentuan kelas dari peserta didik yang terpilih sebagai sampel dilakukan dengan undian. Sampel yang didapat terdiri dari peserta didik kelas VIIC, VIID dan VIIE. Peserta didik kelas VIIC dengan pembelajaran kerja laboratorium, kelas VIID dengan pembelajaran DL dan kelas VIIE dengan pembelajaran PBL. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes prestasi belajar IPA dan teknik dokumen laporan praktikum siswa. Analisis data meliputi: uji gain digunakan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran DL dan PBL, serta pembelajaran kerja laboratorium pada masing-masing variabel dependen. Analisis dengan Multivariate Analysis of Variance (Manova) untuk melihat perbedaan antara pembelajaran DL dan PBL, serta pembelajaran kerja laboratorium ditinjau dari penguasaan metode ilmiah dan prestasi belajar IPA. Setiap analisis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran DL dapat meningkat kan penguasaan metode ilmiah tetapi tidak dapat meningkatkan prestasi belajar IPA; (2) pembelajaran PBL dapat meningkat penguasaan metode ilmiah tetapi tidak dapat meningkatkan prestasi belajar IPA; serta (3) pembelajaran DL lebih efektif daripada pembelajaran PBL ditinjau dari penguasaan metode ilmiah dan prestasi belajar IPA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran model DL, pembelajaran model PBL, penguasaan metode ilmiah, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Feb 2016 07:03
Last Modified: 29 Jan 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30109

Actions (login required)

View Item View Item