Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Semester 2

Kawiyah, Siti (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Semester 2. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-kawiyah-12709259028.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 3D (Define, Design, Develop) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Uji coba terbatas dan uji coba lapangan dilaksanakan di SMA Negeri 2 Yogyakarta kelas X.MIPA 1-3 dan X.MIPA 8. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi ahli, lembar penilaian guru,lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran kegiatan guru, lembar observasi keterlaksanaan kegiatan siswa, angket respon siswa, tes prestasi belajardan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika materi persaman kuadrat, fungsi kuadrat dan peluang yang meliputi RPP, LKS, TPB dan TKPM yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa produk mencapai kategori valid untuk RPP dan LKS dan sangat valid untuk TPB dan TKPM. Hasil pengisian angket penilaian kepraktisan oleh guru menunjukkan bahwa produk mencapai kategori sangat praktis.Hasil pengisian angket penilaian kepraktisan oleh siswa menunjukkan bahwa produk mencapai kategori praktis.Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa persentase minimal keterlaksanaan kegiatan guru dalam pembelajaran adalah 80% dan maksimal adalah 91.4%, dan kegiatan siswa minimal 82% dan maksimal 85%.. Keefektifan produk terlihat dari TPB dan TKPM. Hasil TPB menujukkan bahwa persentase siswa yang mencapai KKM adalah 94%. Hasil TKPM menunjukkan terjadi peningkatan dari pretes ke postes sebesar 19%. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaransaintifik, prestasi, pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Feb 2016 03:43
Last Modified: 29 Jan 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30091

Actions (login required)

View Item View Item