Arvy, Baiq Rofina (2015) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Kolaboratif dengan Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Open-Ended Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Kepercayaan Diri Siswa pada Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-baiq-rofina-arvy-13709251044.swf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan problem posing dan kolaboratif dengan pendekatan open-ended, serta mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan problem posing dan kolaboratif dengan pendekatan open-ended ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasaba yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian dipilih secara acak dari tujuh kelas yang ada, sehingga diperoleh kelas VIII-1 diberikan pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan problem posing dan Kelas VIII-6 diberikan pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan open-ended. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan non tes, dengan instrumen penelitian adalah tes prestasi belajar, test kemampuan berpikir kreatif, dan angket kepercayaan diri. Koefisien reliabilitas pre-test dan post-test tes prestasi belajar, test kemampuan berpikir kreatif, dan angket kepercayaan diri berturut-turut adalah 0,724; 0,634; 0,827; 0,806; dan 0,890 serta Standar Error of Measurement (SEM) berturut-turut adalah 1,879; 1,925; 2,788; 3,104; dan 4.850. Teknik analisis data terdiri dari: 1) One sample t-test digunakan untuk menyelidiki keefektifan pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan problem posing dan kolaboratif dengan pendekatan open-ended, dan 2) Multivariate Analysis of Variance (Manova) digunakan untuk menyelidiki apakah terdapat perbedaan antara pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan problem posing dan kolaboratif dengan pendekatan open-ended. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan problem posing dan pendeketan open-ended efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan kepercayaan diri siswa SMP. Lebih lanjut hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan problem posing dan kolaboratif dengan pendekatan open-ended ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kolaboratif, problem posing, open-ended, prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif, kepercayaan diri |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 25 Feb 2016 10:14 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |