Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing dan Problem Solving Ditinjau dari Ketercapaian Kompetensi Dasar, Metode Matematis, dan Sikap Matematis Siswa SMA

Nasrullah, Ahmad (2015) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing dan Problem Solving Ditinjau dari Ketercapaian Kompetensi Dasar, Metode Matematis, dan Sikap Matematis Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad-nasrullah-11709251025.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan keefektifan pembelajaran problem posing dan problem solving ditinjau dari ketercapaian kompetensi dasar, metode matematis, dan sikap matematis siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent (Pretest and Posttest) group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sakra Lombok Timur yang terdiri dari tujuh kelas. Dari tujuh kelas tersebut, dipilih secara acak dua kelas sebagai kelas eksperimen dan didapatkan kelas X-6 menggunakan pendekatan problem posing dan kelas X-7 menggunakan problem solving. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes ketercapaian kompetensi dasar, tes metode matematis, dan angket sikap matematis. Untuk menyelidiki keefektifan pendekatan problem posing dan problem solving pada aspek ketercapaian kompetensi dasar, metode matematis, dan sikap matematis siswa SMA, data dianalisis dengan uji one sample. Untuk menyelidiki perbedaan keefektifan kedua pendekatan ditinjau dari ketiga variabel dependen secara simultan, data dianalisis menggunakan uji statistik Multivariate Analysis of Variance (Manova). Sedangkan untuk menganalisis pendekatan manakah yang lebih efektif pada masing-masing variabel dependen, digunakan uji statistik Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1). Pendekatan problem posing dan problem solving efektif ditinjau dari ketercapaian kompetensi dasar, metode matematis, dan sikap matematis siswa SMA. 2). Ada perbedaan keefektifan pendekatan problem posing dan problem solving ditinjau dari ketiga variabel dependen secara simultan. 3). Pendekatan problem solving lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan problem posing ditinjau dari ketercapaian kompetensi dasar dan metode matematis. 4). Tidak ada perbedaan keefektifan kedua pendekatan pembelajaran ditinjau dari sikap matematis siswa SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan problem posing, pendekatan problem solving, ketercapaian kompetensi dasar, metode matematis, sikap matematis siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2016 09:18
Last Modified: 29 Jan 2019 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30051

Actions (login required)

View Item View Item