UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK PLC MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN SIMULASI ZELIO KELAS III SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA

Like, Wiji Sektiana (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK PLC MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN SIMULASI ZELIO KELAS III SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
LIKE WIJI SEKTIANA-06518244002.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

TUGAS AKHIR SKRIPSI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK PLC MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN SIMULASI ZELIO KELAS III SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA Like Wiji Sektiana NIM. 06518244002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PLC siswa kelas III C SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara dengan menggunakan simulasi zelio, serta untuk mendeskripsikan motivasi siswa kelas III C SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara. Penelitian dilakukan terhadap semua siswa kelas VII III C SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 39 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Tindakan dilaksanakan dengan 2 siklus dengan siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Pada siklus I siswa diberi dua tes yaitu pretest dan posttest dan pada siklus II siswa hanya diberi posttest. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar angket motivasi siswa, dan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket minat siswa, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PLC dengan simulasi zelio siswa kelas III C SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa, hal ini ditunjukkan dari: (1) metode demonstrasi dan tanya jawab dapat meningkatkan prestasi belajar yang ditunjukan dari pretest siklus I 38,5% ke posttest siklus I 56,4% jadi terdapat peningkatan nilai sebesar 17,9%, (2) peningkatan prestasi sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan peningkatan nilai ketuntasanya yaitu sebasar 41%. (3) hasil motivasi siswa belajar PLC mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata dari siklus I yaitu 60.07 termasuk kategori tinggi sedangkan siklus II yaitu 68.66 termasuk kategori sangat tinggi. (4) nilai tes siswa dari tes siklus I ke siklus II meningkat, yaitu posttest siklus I sebaesar 56,4% ke posstest siklus II sebesar 79,5% jadi peningkatan nilai sebesar 23,1%. motivasi, PLC, Prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 22 Feb 2016 04:01
Last Modified: 30 Jan 2019 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29939

Actions (login required)

View Item View Item