Partisipasi Masyarakat Desa dalam Pembangunan Pendidikan di Sekolah Dasar: Studi Fenomenologi Masyarakat Desa Jerowaru Lombok Timur NTB

Aswasulasikin, Aswasulasikin (2015) Partisipasi Masyarakat Desa dalam Pembangunan Pendidikan di Sekolah Dasar: Studi Fenomenologi Masyarakat Desa Jerowaru Lombok Timur NTB. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-aswasulasikin-12703261007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan: (1) kondisi pendidikan di Desa Jerowaru, (2) partisipasi warga masyarakat dalam pembangunan pendidikan, (3) partisipasi komite sekolah, (4) peran tuan guru sebagai tokoh agama dan tokoh masyarakat, (5) partisipasi orang tua dalam pendidikan di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah (SD/MI) Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan di Desa Jerowaru. Objek penelitian adalah fenomena partisipasi masyarakat dalam pembangunan pendidikan. Sedangkan subjeknya adalah masyarakat, orang tua, komite sekolah, tokoh masyarakat, dan unsur pemerintah terkait. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Agar memperoleh keabsahan data, dilakukan dengan menggunakan teknik pemeriksaan. Sedangkan analisis data dilakukan dengan mengadaptasi model interaktif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pendidikan di Desa Jerowaru mengalami perkembangan sejak kecamatan di Jerowaru dimekarkan sejak tahun 2001. Kondisi ini terbukti dengan dibangunya sarana pendidikan baik SD atau madrasah (swasta) yang terbangun atas swadaya masyarakat. (2) Masyarakat belum sepenuhnya berpartisipasi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan. (3) Komite sekolah belum maksimal melaksanakan fungsi dan peranya sebagai advisory agency, supporting agency, controlling agency, dan mediator agency. Hal tersebut terjadi karena komite sekolah belum memahami peranya sebagai mitra kerja sekolah dalam pelaksanaan pendidikan. (4) tuan guru sebagai tokoh agama dan masyarakat di Desa Jerowaru merupakan center of solidarity yang memiliki hubungan erat dengan masyarakat, sehingga peran Tuan Guru dalam mengembangkan pendidikan dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan pendidikan cukup sentral. Tuan guru membentuk yayasan yang menaungi madrasah sebagai sarana pendidikan di Desa Jerowaru. (5) Partisipasi orang tua dalam pendidikan dipengaruhi oleh pemahaman orang tua tentang manfaat pendidikan dan kemampuanya memaknai partisipasi dalam pembangunan pendidikan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: partisipasi masyarakat, pembangunan pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2016 10:11
Last Modified: 31 May 2021 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29920

Actions (login required)

View Item View Item