Analisis Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment pada Buku Teks Kurikulum 2013 Tema I "Hidup Rukun” Kelas II Sekolah Dasar

Ferryka, Putri Zudhah (2015) Analisis Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment pada Buku Teks Kurikulum 2013 Tema I "Hidup Rukun” Kelas II Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-putri-zudhah-ferryka-13712251016.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan: (1) tematik integratif, (2) scientific approach, dan (3) authentic assessment pada buku teks kurikulum 2013 tema 1 “hidup rukun” kelas 2 SD. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Buku Teks Kurikulum 2013 Kelas 2 Sekolah Dasar Tema 1 Hidup Rukun. Objek penelitian ini adalah muatan tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment. Unit analisis berupa instruksi dan materi yang tercantum pada buku teks. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembacaan dan pencatatan yang cermat. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis dokumen yang disusun berdasarkan landasan teori. Validitas instrumen dan data yang digunakan adalah validitas semantis dan pemeriksaan oleh ahli. Reliabilitas yang digunakan adalah stabilitas dan reproduktabilitas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas pengumpulan data, penentuan sampel, pencatatan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan menceritakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan: (1) tematik integratif pada buku teks sebagian besar sudah sesuai dengan indikator, tetapi ada kekurang- telitian oleh penulis. Kekurang-telitian tersebut berupa kesalahan penomoran kompetensi dasar yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 dan ketidaksesuain materi dengan kompetensi dasar yang tercantum (2) scientific approach yang tercantum pada buku teks mencakup kegiatan bervariasi yang mengarahkan siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam membangun pengetahuan (3) authenthic assesment sudah sesuai dengan indikator. Muatan penilaian ini sudah menggunakan kombinasi dari berbagai penilaian dalam setiap pembelajaran. Penilaian ini menggambarkan kemampuan siswa sesungguhnya secara komperhensif yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tematik integratif, scientific approach, authentic assessment, buku teks kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2016 07:40
Last Modified: 29 Jan 2019 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29918

Actions (login required)

View Item View Item