Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta

Orsantinutsakul, Suaidee (2016) Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suaidee-orsantinutsakul-13706259002.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan profil Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam. Kedua, mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Ketiga, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam. Subjek penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan berbicara bahasa. Objek penelitian ini adalah Arab siswa kelas VIII program kelas internasional di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri dengan menggunakan kisi-kisi instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam didirikan oleh H. Abdullah Marzuki pada tahun 1982. Program pendidikan di antaranya, pendidikan kesantrian dan farmal. kedua, proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) tahap persiapan, kurikulum memiliki banyak mata pelajaran yang memuat keterampilan berbicara bahasa Arab; materi diambil dari buku-buku terbitan Pondok Pesantren Darussalam Gontor; dan RPP memuat kegiatan-kegiatan berbicara; (2) tahap pelaksanaan, guru memulai pembelajaran dengan melakukan tanya-jawab dengan siswa dalam bahasa Arab; metode ceramah, tanya-jawab, dan terjemahan digunakan secara bergantian; keadaan siswa cukup aktif; interaksi antara siswa dan guru cukup baik; (3) tahap penutup, guru menutup proses pembelajaran dengan cara tanya-jawab; evaluasi pembelajaran diadakan secara harian; jenis evaluasi berupa tes lisan. Ketiga, faktor pendukung yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari: (1) latar belakang siswa, (2) minat siswa, (3) cita-cita, (4), kemampuan berbicara, dan (5) keberanian siswa. Faktor eksternal terdiri dari: (1) kesesuaian pengajar dengan keahlian, (2) kemampuan guru berbicara bahasa Arab, (3) lingkungan dan aturan pondok, (4) materi pembelajaran, (5) kegiatan berbicara di luar kelas. Faktor penghambat meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal ialah latar belakang siswa yang tidak memperoleh bahasa Arab di SD. Faktor eksternal meliputi: (1) lingkungan keluarga, (2) keterbatasan pengawas di lingkungan pondok, dan (3) guru kurang memanfaatkan fasilitas di dalam kelas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, keterampilan berbicara, bahasa Arab, siswa pondok pesantren
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Asing
Divisions: Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Feb 2016 00:29
Last Modified: 09 May 2019 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29887

Actions (login required)

View Item View Item