PENGEMBANGAN MOBILE APPLICATION “BRAIN ACCOUNTING” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016

NOFIA, YENI (2016) PENGEMBANGAN MOBILE APPLICATION “BRAIN ACCOUNTING” BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YENI NOFIA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran Akuntansi mobile application “Brain Accounting” berbasis Android dengan kompetensi dasar membuat jurnal penyesuaian, 2) Mengetahui penilaian dari ahli materi, ahli media dan guru Akuntansi SMK mengenai kelayakan media pembelajaran Akuntansi mobile application “Brain Accounting” berbasis Android, 3) Mengetahui penilaian siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel mengenai kelayakan media pembelajaran Akuntansi mobile application “Brain Accounting” berbasis Android. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran Akuntansi mobile application “Brain Accounting” berbasis Android adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian yang terlibat adalah satu orang ahli media, satu orang ahli materi, guru Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel dan siswa kelas XI Akuntansi, sedangkan objek yang diteliti adalah kelayakan media pembelajaran Akuntansi mobile application “Brain Accounting” berbasis Android yang meliputi aspek rekayasa perangkat lunak, aspek komunikasi visual, aspek materi, aspek soal, aspek bahasa, aspek keterlaksanaan serta aspek desain pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa 1) pengembangan mobile application “Brain Accounting” berbasis android menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analisis/analysis, desain/design, pengembangan/development, implementasi/implementation, dan evaluasi/evaluation, 2) Berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,8 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 3) Berdasarkan penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 4,24 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 4) Berdasarkan penilaian guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 4 yang termasuk dalam kategori Layak, 5) Berdasarkan penilaian siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI Ak 1, XI Ak 2, XI Ak 3, yang berjumlah 96 siswa, dari semua aspek diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,26 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian mobile application “Brain Accounting” berbasis Android Sangat Layak digunakan sebagai media pembelajaran Akuntansi pada kompetensi dasar membuat jurnal penyesuaian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Mobile aplication “Brain Accounting”,Android, Media, ADDIE.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 18 Feb 2016 06:47
Last Modified: 30 Jan 2019 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29872

Actions (login required)

View Item View Item