UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK KELAS VII DI SMP ALOYSIUS DENGGUNG

Satya, Paulinus Firda Primawan (2016) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK KELAS VII DI SMP ALOYSIUS DENGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2030.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan prestasi belajar Siswa menggunakan Model PAIKEM dalam pembelajaran Seni Musik di SMP Aloysius Denggung. Untuk mencapai tujuan dari penelitian tersebut, peneliti merancang dan menerapkan langkah – langkah dalam mengajar mata pelajaran Seni Musik dengan menggunakan berbagai media guna menciptakan suasana belajar yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah classroom action research (penelitian tindakan kelas) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Aloysius Denggung yang mengambil kelas mata pelajaran Seni Musik tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 22 orang. Data dikumpulkan dengan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PAIKEM dapat meningkatkan prestasi belajar seni musik siswa kelas VII di SMP Aloysius Denggung. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada saat siklus I sudah ada peningkatan dari pra siklus, dan siklus II sudah ada peningkatan dari siklus I. Hasil prestasi belajar siswa dengan indikator rata-rata nilai ujian tengah semester (aspek kognitif) pada pra siklus sebesar 51,68, pada siklus I meningkat menjadi 73,09, dan pada siklus II meningkat menjadi 79,14. Sedangkan untuk hasil prestasi belajar siswa dengan indikator persentase jumlah siswa yang mencapai KKM pada pra siklus sebesar 18,2 %, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 45,5%. Melalui kegiatan pembelajaran siklus II menggunakan model pembelajaran PAIKEM, persentase jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus II meningkat menjadi 90,9%

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 18 Feb 2016 03:42
Last Modified: 30 Jan 2019 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29863

Actions (login required)

View Item View Item