PENGAJARAN STATISTIKA PADA MAHASISWA PJKR FIK UNY DENGAN APLIKASI LANGSUNG DI KOMPUTER

BM Wara, Kushartanti and Ngatman (2001) PENGAJARAN STATISTIKA PADA MAHASISWA PJKR FIK UNY DENGAN APLIKASI LANGSUNG DI KOMPUTER. [Experiment/Research]

[img] Text
PENGAJARAN_STATISTIKA_PADA_MAHASISWA_PJKR_FIK_UNY.doc

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan serapan matakuliah statistika, dengan metode aplikasi langsung di komputer. Penelitian diterapkan pada mahasiswa PJKH.FIK-UNYyang mengambil matakuliah statistika, pada semester khllsus 2001. Peningkatan serapan matakuliah statistika dengan aplikasi langsung di komputer ini diharapkan dapat meningkatkan pero!ehan nilai akhir mahasiswa, dan memberi keterampilan untuk memilih cara analisis yang tepat, melakukan analisis sendiri di komputer, serta membaca hasil print outnya. Dengan keterampilan ini, mahasiswa akan dapat menghemat biaya analisis data dan mempercepat masa studinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kclas yang terdiri atas tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian berjumlah 14 mahasiswa PJKR peserta mata kuliah Statistika. Penelitian dilakukan selama 8 minggu dengan [rekuensi tatap muka 4 kali seminggu. Semula direncanakan adanya kegiatan aplikasi komputer setelah satu pokok bahasan selesai, namun hasil refleksi kemudian mengubah jadwal, sehingga diletakkan pada minggu-minggu terakhir setelah semua teori diberikan. Setelah satu pokok bahasan, mahasiswa diberi tugas mandiri menganalisis data dengan kalkulator. Pelaksanaan tugas, lembar pengamatan, dan hasil ujian merupakan bahan refleksi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesulitan dalam memahami konsep-konsep statistika apabila dilepaskan dari pennasalahan kontekstualnya dalam penelitian. Dengan dasar ini akhimya diadakan perubahan strategi pembelajaran dengan pendekatan: Problem Based Learning pada siklus berikutnya. Penggunaan aplikasi komputer di setiap selesainya pokok bahasan, mengalami kendala, terutama dalam pembacaan hasil prinl out. Hal tersebut terjadi karena dibutuhkan konsep yang utuh untuk bisa membaca hasil print out. Dengan alasan ini, akhimya dilakukan rescheduling. Pada siklus tiga dilakukan diskusi komprehensif sebelum dan sesudah aplikasi komputer untuk kemudian dilakukan ujian akhir. Hasil ujian akhir mendapatkan adanya nilai A sebesar 14, 29 %, nilai B sebesar 78,57 %, nilai C sebesar 7,14 %, dan tanpa nilai D maupun E

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 06 Aug 2012 07:51
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2985

Actions (login required)

View Item View Item