STANDARDISASI PENILAIAN HASIL BELAJAR POLA KONVERGEN DAN DIVERGEN BERBASIS SATUAN PENDIDIKAN PADA JENJANG SMA

Bambang Subali, Dr. (2010) STANDARDISASI PENILAIAN HASIL BELAJAR POLA KONVERGEN DAN DIVERGEN BERBASIS SATUAN PENDIDIKAN PADA JENJANG SMA. [Experiment/Research]

[img] Text
11_Bambang_Subali.doc

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dalam upaya memberikan sumbangan pada pembangunan dan daya saing bangsa dibidang pendidikan untuk mengatasi rendahnya mutu pendidikan dan pengujian melalui model standardisasi penilaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan panduan standardisasi penilaian hasil belajar pola konvergen dan divergen dengan menggunakan penskalan berdasar teori respons butir yang digunakan dalam mata pelajaran Biologi dan Bahasa Indonesia di SMA yang ada di Provinsi DIY, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Target penelitian ini adalah (a) tersusunnya panduan penilaian hasil belajar pola konvergen dan divergen yang tersandarkan untuk mata pelajaran tersebut, dan (b) terdiseminasikannya panduan penilaian hasil belajar pola konvergen dan divergen untuk mata pelajaran tersebut yang terstandarkan menggunakan penskalaan menurut teori respons item pada tiga provinsi tersebut. Dengan demikian guru SMA tersebut memiliki kompetensi melakukan pengujian pendidikan guna menunjang keberhasilan peserta didik menempuh dengan cara yang tersrtandarkan. Untuk mencapai target tersebut, penelitian ini mendasarkan pada model riset dan pengembangan (research and development) dengan target akhir terdiseminasikannya hasil riset pada sejumlah provinsi. Tahun pertama merupakan base line study dan riset pengembangan instrumen terstandar. Hasil yang dicapai pada tahun pertama adalah telah dikembangkannya learning continuum sebagai abstract continuum pengukuran untuk mata pelajaran Biologi dan Bahasa Indonesia SMA yang sudah ditelaah oleh 3 pakar dari bidang Pendidikan Biologi dan 3 pakar dari bidang Pendidikan Bahasa Indonesia. Hasil berikutnya adalah tersusunnya (1) Panduan Penulisan Instrumen Pengukur Hasil Belajar Pola Konvergen Dan Pola Divergen Untuk Mata Pelajaran Biologi dan Bahasa Indonesia SMA dengan model uji coba terpakai dan (2) Panduan Penggunaan Program QUEST Untuk Menganalisis Data Dikotomus dan Politomus, juga menggunakan model uji coba terpakai. Uji coba terpakai yang dimaksud bahwa panduan yang disusun dipakai oleh para peserta, dan diberi masukan oleh peserta sehingga diperoleh panduan yang benar-benar operasional.. Program QUEST merupakan program analisis item menggunakan pendekatan CTT dan IRT dengan panduan yang sangat terbatas berbaha Inggris. Dengan tersusunnya panduan dalam bahasa Indonesia beserta interpretasi hasilnya dapat dipakai sebagai pedoman oleh para pengguna untuk menganalisis hasil pengukuran hasil belajar pola konvergen dan divergen beserta kombinasinya. Kedua panduan tersebut telah divalidasi secara empiris dengan cara digunakan oleh 15 orang guru mata pelajaran Biologi dan 15 orang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebanyak 30 orang guru tersebut dilibatkan untuk menyusun instrumen menggunakan panduan yang telah disusun, dan melakukan analisis hasil belajar berdasarkan data lapangan setelah instrumen hasil belajar yang mereka buat diujikan di sekolahnya masing-masing. Berdasarkan masukan dari 30 guru tersebut panduan yang telah dibuat disempurnakan sehingga memudahkan bagi para penggunanya. Dengan tahapan tersebut maka model standardisasi penilaian hasil belajar di SMA telah dapat diperoleh dengan berpegangan pada panduan model uji coba terpakai dengan melibatkan guru peserta disertai bukti empirik yang telah dihasilkan para guru berdasarkan data uji coba di lapangan.Hanya ada masing-masng guru yang item-item tesnya tidak fit dengan model 1-PL > 20%. Kata Kunci: Standardisasi penilaian, learning continuum hasil belajar, CTT dan IRT

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 06 Aug 2012 07:47
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item View Item