PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PRACTICEREHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA MATA DIKLAT PERAKITAN DAN PENGOPERASIAN SISTEM KENDALI DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Kuswati, Kuswati (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PRACTICEREHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA MATA DIKLAT PERAKITAN DAN PENGOPERASIAN SISTEM KENDALI DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Kuswati-07518244007.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PRACTICEREHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA MATA DIKLAT PERAKITAN DAN PENGOPERASIAN SISTEM KENDALI DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh: Kuswati NIM. 07518244007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dalam mengikuti KBM, memperoleh langkah-langkah yang efektif pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Practice-Rehearsal Pairs dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik) pada mata pelajaran Perakitan dan Pengoperasian Sistem Kendali (PPSK). Hasil penelitian yang dilakukan sebagai masukan dalam pemilihan metode pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi tindakan. Subyek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI TITL 4 SMK Negeri 2 Yogyakarta. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa keaktifan siswa dalam belajar menunjukkan adanya kenaikan setiap siklus. Keaktifan siswa dalam apersepsi mengalami peningkatan dari siklus I (26,25%) , siklus II (51,52%), dan siklus III (72,50%). Keaktifan siswa dalam diskusi kelompok mengalami peningkatan dari siklus I (31,25%), siklus II (50,52%) dan siklus III (71,35%). Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran Practice-Rehearsal Pair mengalami peningkatan dari siklus I (36,46%), siklus II (59,38%) dan siklus III (73,96%). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I siswa yang tuntas pre tes sebesar 56,25% (18 siswa), siswa yang tuntas pos tes sebesar 68,75% (22 siswa) kemudian meningkat menjadi 75,00% (24 siswa) pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 84,38% (27 siswa) pada siklus III dengan indikator ketercapaian hasil belajar melebihi dari yang ditetapkan yaitu 75% dari keseluruhan siswa dengan mendapat nilai minimal 76. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Practice-Rehearsal Pairs pada siswa kelas XI TITL 4 SMK Negeri 2 Yogyakarta mata pelajaran Perakitan dan Pengoperasian Sistem Kendali (PPSK) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan indikator ketercapaian prestasi belajar siswa 75% dari keseluruhan siswa serta meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci : Belajar, Aktifitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Practice-Rehearsal Pairs.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29801

Actions (login required)

View Item View Item