PROCESSING STATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PLC PADA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN OTOMASI INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 DEPOK

Kharismadya, Avis Widesarira (2016) PROCESSING STATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PLC PADA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN OTOMASI INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
KHARISMADYA AVIS 09518241021.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PROCESSING STATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PLC PADA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN OTOMASI INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 DEPOK Oleh : Kharismadya Avis Widesarira NIM. 09518241021 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui tingkat kelayakan processing station sebagai media pembelajaran PLC pada kelas XII program keahlian Teknik Otomasi Industri di SMK N 2 Depok, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PLC antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran processing station dan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran konvensional dan strategi pembelajaran konvensional. Penelitian ini berjenis penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE . Peneltian dilakukan di SMK N 2 Depok dengan subyek penelitian kelas XII program keahlian Otomasi Industri. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan penilaian oleh ahli materi, ahli media dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan instrumen tes. . Implementasi produk dilakukan untuk ujicoba lapangan dan mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Non Equivalent Control Group Design. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis non parametrik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) Media pembelajaran processing station dinyatakan layak dengan rata-rata 3,16 dari skor tertinggi 4. Rincian penilaian antara lain dari ahli materi mendapat skor rata-rata 3,63 dari skor tertinggi 4 masuk kategori sangat layak, ahli media mendapat skor rata-rata 3,13 dari skor tertinggi 4 masuk kategori layak, respon siswa mendapat skor rata-rata 3,05 dari skor tertinggi 4 masuk kategori baik. (2) Hasil U Mann- Whitney terhadap data post-test siswa didapat nilai Exact Sig [2*(1-tailed Sig) sebesar 0,000. Taraf signifikan 0,000 lebih kecil daripada 0,05, sehingga disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada peserta didik yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran processing station dan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan media konvensional dan strategi pembelajaran konvensional. Hasil analisa data post-test menunjukan peserta didik yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran processing station dan strategi pembelajaran berbasis masalah mendapat rata-rata 79,000, lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran konvensional dan strategi pembelajaran konvensional mendapat rata-rata 64,375. Kata Kunci : Processing Station, Hasil Belajar, PLC.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Feb 2016 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29725

Actions (login required)

View Item View Item