PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR MATEMATIKA OLEH GURU SEKOLAH DASAR

Arti, sriati (1998) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR MATEMATIKA OLEH GURU SEKOLAH DASAR. [Experiment/Research]

[img] Text
PEMANFAATAN_SUMBER_BELAJAR_MATEMATIKA_OLEH.doc

Download (30kB)

Abstract

Pemanfaatan Sumber Belajar Matematika oleh Guru Sekolah Dasar Arti sriati Sugiono Edi Prajitno Memanfaatkan sumber belajar merupakan anjuran seperti yang termuat dalam 'kulum Pendidikan Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi ti kat pengetahuan guru berkenaan sumber belajar khususllya stIinber belajar m tematika melalui analisis pendapat guru, memperoleh informasi tentang sumber belajar m tematika baik hasil bantuan maupun kreasi guru, dan bagaimana pemanfaatan sumber b ajar matematika oleh guru serta identifikasikesulitan glru dalam pemanfaatan sumber b ajar tersebut. Penelitian merupakan penelitian survai dengan responden 156 guru dari 10 SD in dan 20 SD imbas dari kecamatan Depok dan Godean. Data diperoleh dengan angket y g terdiri atas empat komponen dan wawancara. Komponen pertama untuk m ngetahui tingkat pengetahuan guru tentang sumber belajar, dengan koefisien re 'abilitas dinyatakan dengan koefisien alpha dan a.=0,6534. Komponen kedua di nakan untuk mengetahui jenis alat peraga bantuan dan buatan guru, komponen k iga untuk mengetahui tingkat penggunaan metode, sarana/prasarana dan orang dalam p belajaran matematika di kelas, komponen keempat untuk mengidentifikasi kesulitan dalam pemanfaatan sumber belajar matematika. Semua komponen instrumen mtnggunakan skala 7 "point". Analisis merupakan analisis deskriptif dengan penyajian ka rerata atau persentase. Disimpulkan bahwa: (1) tingkat pengetahuan guru tentang sumber belajar dan k ponen sumber belajar cenderung tinggi, (2) alat peraga matematika bantuan ada 37 je .s yang tersebar tidak merata dan beberapa diantaranya tanpa buku petunjuk, (3) alat p aga matematikiabuatan guru di sekolah sama dengan alat peraga bantuan di sekolah te sebut, (4) tingkat penggunaan simulasisebagai komponen teknik dalam sumber belajar m tematika cenderung rendah, (5) tingkat pemanfaatan kantin cenderung rendah, (6 tingkat pemanfaatan tutor pada kunjungan kelas dan pemanfaatan guru pemandu ce derung rendah, (7) tutor sebaya dimanfaatkan oleh beberapa sekolah, (8) lebih dari 3 % guru mengalami kesulitan dalam memilih lingkungan belajar dan lebih dari 20% g mengalami kesulitan dalam pemanfaatan lingkungan, menggunakan alat peraga b uan pemerintah, serta memilihalat peraga yang sesuai materi.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 06 Aug 2012 07:32
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2969

Actions (login required)

View Item View Item