PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN PENGUKURAN DASAR SISWA KELAS X DI SMK MAARIF SALAM MAGELANG

Insan, Trisnawan (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN PENGUKURAN DASAR SISWA KELAS X DI SMK MAARIF SALAM MAGELANG. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
INSAN TRISNAWAN 09503242006.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN PENGUKURAN DASAR SISWA KELAS X DI SMK MAARIF SALAM MAGELANG Oleh Insan Trisnawan NIM. 09503242006 Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan PowerPoint sebagai media pembelajaran Pengukuran Dasar SMK, 2) Mengetahui tingkat kelayakan PowerPoint sebagai media pembelajaran Pengukuran Dasar SMK. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D melalui beberapa tahap, yaitu (1) Identifikasi masalah, (2) Rancangan pengembangan produk, (3) Pengujian. Pengembangan media pembelajaran ini di terapkan di SMK Ma’arif Salam Magelang dengan penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan uji validasi ahli materi, ahli media dan uji coba kepada siswa melaui angket. Sampel diambil sebanyak 40 siswa kelas X jurusan Teknik mesin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran menggunakan PowerPoint berhasil dikembangkan melalui 3 tahap, yaitu Identifikasi masalah, Rancangan pengembangan produk, pengujian dari guru ahli materi, ahli media dan siswa. Untuk Persentase kelayakan yang dicapai oleh ahli materi sebesar 91,66% dan oleh dosen ahli materi sebesar 88,33 %, dapat diartikan bahwa materi pengukuran dasar dalam kategori sangat layak. Persentase yang dicapai oleh ahli media adalah 80,00%, dapat diartikan bahwa media pembelajaran menggunakan PowerPoint dalam kategori layak. Dari siswa persentase yang dicapai adalah 82,75% dapat diartikan bahwa materi pengukuran dasar dalam kategori sangat layak. Siswa tertarik dan dapat memahami materi yang disampaikan melalui tampilan yang didesain secara atraktif. Kata kunci : Media pembelajaran, PowerPoint, Pengukuran Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Feb 2016 08:01
Last Modified: 30 Jan 2019 06:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29606

Actions (login required)

View Item View Item